IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN AKSELERASI DAN UNGGULAN DI PERGURUAN AL-AZHAR MEDAN
Abstract
pendidik pada program pendidikan akselerasi dan unggulan Perguruan Al-Azhar Medan. 2) Untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang meliputi penggunaan media, dan penggunaan fasilitas
yang ada dalam program pendidikan akselerasi dan unggulan Perguruan Al-Azhar Medan. 3)
Untuk mengetahui sistem evaluasi, supervisi, pelaporan hasil akhir yang diterapkan dalam program
pendidikan akselerasi dan unggulan Perguruan Al-Azhar Medan. 4) Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat hambatan sekolah dalam program pendidikan akselerasi
dan unggulan Perguruan Al- Azhar Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. hasil
dari penelitian ini adalah: 1) Siswa yang diterima pada program akselerasi maupun unggulan di
sekolah ini biasa harus melawati tes seperti tes akademik dan tes psikotes. Nanti hasil tersebut
akan dikumpulkan oleh sekolah dengan syarat jika IQ nya 130 ke atas maka diterima untuk
program akselerasi sedangkan untuk unggulan harus IQ 100-130. 2) Pelaksanaan pembelajaran
yang meliputi penggunaan media pembelajaran di SMA Swasta Al-Azhar Medan yaitu media
audio (radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa), media visual gerak contohnya gambargambar
proyeksi bergerak seperti film bisu dan media visual diam (foto, ilustrasi, flashcard,
gambar pilihan dan potongan gambar, film bingkai, film rangkai, OHP, grafik, bagan, diagram,
poster, peta) yang penting materi dapat terserap anak dengan baik 3) Pengevaluasian kurikulum
pada program kelas akselerasi dan unggulan dilakukan oleh kepala sekolah bersama wakil kurikulum.
Biasanya evaluasi dilakukan per triwulan, per semester, dan di akhir tahun. 4). Faktor pendukung
dalam pelaksanaan progam akselerasi maupum unggulan yang ada di SMA Swasta Al-Azhar
Medan yaitu sarana dan prasarana yang dapat dikatakan mendekati lengkap seperti laboratorium
komputer, bahasa, IPA dan lain-lain. Sedangkan penghambat dalam pelaksanaan program akselerasi
maupun unggulan di SMA Swasta Al-Azhar Medan dapat dikatakan tidak begitu ada, hanya
saja siswa dalam penggunaan hanphone terkadang dapat mengganggu konsentrasi belajar baik
di sekolah maupun di rumah.
Kata Kunci: Implementasi, Akselerasi dan Unggulan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmadi, Lif Khoirul, Pembelajaran Akselerasi Analisis Teori Dan Praktis Serta Pengaruh Terhadap
Mekanisme Dalam Kelas Akselerasi, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011).
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman
Teoritis Praktis bagi Mahasiswi dan Praktisi Pendidikan , Cet. 4 (Jakarta: PT. Bumi
Aksara, 2010)
Beare, Hedley, et.al., Creating an Excellent School (London: Routledge, 1989)
Barnawi dan Mohammad Arifin,Branded School Membangun Sekolah Unggul Berbasis Peningkatan
Mutu (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Jamal, Ma’mur Asmani, Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan (Yogyakarta: DIVA Press, 2013)
Nasution, S, Asas-Asas Kurikulum (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Depdiknas, Isu-isu Pendidikan: Lima Isu Pendidikan Triwulan Kedua, (Jakarta: Balitbang Diknas,
Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Peserta Didik
Cerdas Istimewa, (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2009)
Depdiknas, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Peserta Didik Cerdas Istimewa (Program
Akselerasi), Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan
Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, 2009)
Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Pedoman
Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Peserta Didik Bekecerdasan Istimewa (Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional)
Echols, Jhon M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: PT.Gramedia Pustaka
Utama, 2005)
Hamalik, Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar , (Bandung: Tarsito, 2002)
Hasil Wawancara peneliti dengan Wakil kesiswaan Bapak Toni Dwifan pada tanggal 18 September
pukul 09.30 s/d 10.30 Wib.
Hasil Wawancara dengan Kepala SMA Swasta Al-Azhar Medan Bapak Binawan Setia pada
tanggal 19 September 2017 pukul 09.00 s/d 10.00 Wib
Hasil pengamatan peneliti pada tanggal 19 September 2017 di Perguruan Al-Azhar Medan
Hasil pengamatan peneliti pada tanggal 19 September 2017 di Perguruan Al-Azhar Medan
Iif, Khoiru A, Hendro A.S & Sofan A. Pembelajaran Akselerasi , (Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Strategi, dan Implementasi , (Bandung:
Rosdakarya, 2005)
Meier, Dave, The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang
Program Pendidikan Dan Pelatihan, (Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2004)
Maimun, Agus, dan Agus Zaenul Fikri, Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di
Era Kompetitif (Malang: UIN-MALIKI Press, 2010)
Muhaimin, dkk,Manajemen Pendidikan : Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan
Sekolah/madrasah, Cet. Ke-2 (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010)
Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah Pesan, dan Kesam dan Keserasian Al Qur‘an (Jakarta: Lantara
Hati, 2002)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2003)
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2007)
Syafaruddin dan Mesiono (ed.),Pendidikan Bermutu Unggul (Bandung: Citapustaka Media, 2006)
Tim Penyusun, Sistem Penyelenggaraan Sekolah Unggul, (Jakarta: Depdikbud RI, 1993)
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Pasal 26 Ayat 1. (Bandung:
Citra Umbara, 2003)
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.