Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Pendidikan Al-Islam Penerbit Muhammadiyah Jenjang SMP Tahun 2024
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/: https://doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.174
Afroni, S. (2016). Makna Ghuluw Dalam Islam: Benih Ekstremisme Beragama. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(95), 70–85. https://doi.org/doi.org/10.15575/jw.v39i1.579
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
An-Nadhrah, N. K., Casram, & Hernawan, W. (2023). Moderasi Beragama Menurut Yusuf Al-Qardhawi, Quraish Shihab, Dan Salman Al-Farisi. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1), 123–139. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4346
Aziz, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Al-Qur’an (Sebuah Tafsir Kontekstual di Indonesia). Al-Burhan: Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 21(2), 218–231. Retrieved from https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan
Bashori, A. D. (2013). Konsep Moderat Yusuf Qardhawi: Tolok Ukur Moderasi Dan Pemahaman Terhadap Nash. Dialog: Jurnal Penelitian Dan Kajian Islam, 36(1), 1–18.
Fahri, mohammad, A. zainuri. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia. Religions, 13(5), 451. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/5640/3010/
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian filosofis, teoritis dan aplikatif (1st ed.). Malang: CV. Literasi Nusantara.
Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii
Jamaruddin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagama Dalam Perspektif Al-Qur’an. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, 8(2), 170–187.
Krippendorff, K. (2004). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi (Vol. 13). Retrieved from https://login.proxy.libraries.rutgers.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=48779086&site=ehost-live
Lay, C. (2009). Kekerasan Atas Nama Agama : Perspektif Politik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 17(2), 84–98. https://doi.org/10.24042/tps.v17i2.12927
Mudzakkir, A., Ismail, I., Ekayanti, M. I. B., Hafiz, M., & Aliah, S. D. (2018). Menghalau ekstremisme Konsep & Strategi Mengatasi Ekstremisme Kekerasan di Indonesia (1st ed., Vol. 1; M. N. Huda & A. M. Dja’far, eds.). Jakarta: Wahid Foundation.
Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) Dalam perspektif Quraish Shihab. INCARE : International Journal of Educational Resources, 03(01), 66–80.
Qardhawi, Y. (2017). Islam Jalan Tengah: Menjauhi Sikap Berlebihan dalam Beragama (3rd ed.). Bandung: PT Mizan Pustaka.
RI, T. P. K. A. (2019). Moderasi Beragama (I, Vol. 12). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737
Saleh Cahyadi Mohan, M., & Lukmanul Hakim, M. (2022). Konsep Tawassuth Sebagai Upaya Preemtif Dalam Pencegahan Aksi Terorisme (Studi Komparatif Buku Moderasi Beragama Kementrian Agama Ri Dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018). Syifa’ Al-Qulub, 6(2), 140–146.
Samsudin, S., Nasor, M., & Masykur, R. (2023). Analisis Moderasi Beragama Perspektif Yusuf Al-Qardhawi dan M. Quraish Shihab Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3647–3657. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2005
Sanjaya, R. A., Khalikin, M., Ilham, M., Rezaldi, F., & Asrul. (2023). Konsep Moderasi Beragama Dan Kerukunan Antar Umat Beragama Sesuai Ajaran Agama Islam. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(3), 57–64.
Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama (1st ed.). Tangerang: Lentera Hati.
Sudarji, S. (2020). MODERASI ISLAM: Untuk Peradaban dan Kemanusiaan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 97–109. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i1.11
Sutrisno Edy. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323–348.
Toha, M., & Muna, F. (2022). Moderasi Islam Dan Aliran Pemikiran Pluralisme Agama. Journal of Education and Religious Studies, 2(01), 22–28. https://doi.org/10.57060/jers.v2i01.36
Wahyudin, W., Taufiq, A., & Islamy, A. (2021). Nilai Sosial Keberagamaan Islam dalam Moderasi Beragama. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 3(2), 273–290. https://doi.org/10.24952/tad.v3i2.4467
Zumrotus Sholikhah, & Muvid, M. B. M. (2022). Konsep Islam Moderat Sebagai Alternatif Dalam Proses Penanggulangan Paham Radikal Di Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 115–128. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.324
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i4.22151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.