Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Pendidikan Al-Islam Penerbit Muhammadiyah Jenjang SMP Tahun 2024

Shindid Gunagraha, Anwar Dhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep moderasi beragama dalam perspektif Al-Qur'an dan Hadits dalam pendidikan, melalui muatan bahan ajar berupa buku teks mata pelajaran Al-Islam jenjang SMP Muhammadiyah.  Munculnya moderasi beragama sebagai solusi terkait adanya fenomena berbagai krisis global yang mengakibatkan konflik dan perpecahan. Disebabkan oleh faktor pemikiran manusia dalam memahami setiap konteks tanpa dasar kebijaksanaan. Sehingga perlu adanya pemikiran secara moderat dan luas tentang pemahaman yang diperoleh. Padahal, jika dilihat dari ajaran Islam, Islam mengajarkan manusia untuk menjaga kerukunan melalui toleransi, kesetaraan, moderasi dan persaudaraan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan mencari berbagai sumber data literatur yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan indikator nilai moderasi beragama dalam buku teks mata pelajaran Al-Islam kelas VIII dan IX yaitu tawasuth (moderat), tasamuh (toleransi), la’unf (anti kekerasan). Dengan demikian, sudah sepantasnya setiap manusia, terutama umat Islam, memiliki sikap moderat, terutama dalam hal agama.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/: https://doi.org/10.35961/rsd.v1vi2i.174

Afroni, S. (2016). Makna Ghuluw Dalam Islam: Benih Ekstremisme Beragama. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(95), 70–85. https://doi.org/doi.org/10.15575/jw.v39i1.579

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

An-Nadhrah, N. K., Casram, & Hernawan, W. (2023). Moderasi Beragama Menurut Yusuf Al-Qardhawi, Quraish Shihab, Dan Salman Al-Farisi. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 6(1), 123–139. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/lijid.v6i1.4346

Aziz, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Al-Qur’an (Sebuah Tafsir Kontekstual di Indonesia). Al-Burhan: Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 21(2), 218–231. Retrieved from https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan

Bashori, A. D. (2013). Konsep Moderat Yusuf Qardhawi: Tolok Ukur Moderasi Dan Pemahaman Terhadap Nash. Dialog: Jurnal Penelitian Dan Kajian Islam, 36(1), 1–18.

Fahri, mohammad, A. zainuri. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia. Religions, 13(5), 451. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/5640/3010/

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian filosofis, teoritis dan aplikatif (1st ed.). Malang: CV. Literasi Nusantara.

Hasan, M. (2021). Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 111–123. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii

Jamaruddin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagama Dalam Perspektif Al-Qur’an. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, 8(2), 170–187.

Krippendorff, K. (2004). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi (Vol. 13). Retrieved from https://login.proxy.libraries.rutgers.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=48779086&site=ehost-live

Lay, C. (2009). Kekerasan Atas Nama Agama : Perspektif Politik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 17(2), 84–98. https://doi.org/10.24042/tps.v17i2.12927

Mudzakkir, A., Ismail, I., Ekayanti, M. I. B., Hafiz, M., & Aliah, S. D. (2018). Menghalau ekstremisme Konsep & Strategi Mengatasi Ekstremisme Kekerasan di Indonesia (1st ed., Vol. 1; M. N. Huda & A. M. Dja’far, eds.). Jakarta: Wahid Foundation.

Putri, S. N. A., & Fadlullah, M. E. (2022). Wasathiyah (Moderasi Beragama) Dalam perspektif Quraish Shihab. INCARE : International Journal of Educational Resources, 03(01), 66–80.

Qardhawi, Y. (2017). Islam Jalan Tengah: Menjauhi Sikap Berlebihan dalam Beragama (3rd ed.). Bandung: PT Mizan Pustaka.

RI, T. P. K. A. (2019). Moderasi Beragama (I, Vol. 12). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737

Saleh Cahyadi Mohan, M., & Lukmanul Hakim, M. (2022). Konsep Tawassuth Sebagai Upaya Preemtif Dalam Pencegahan Aksi Terorisme (Studi Komparatif Buku Moderasi Beragama Kementrian Agama Ri Dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018). Syifa’ Al-Qulub, 6(2), 140–146.

Samsudin, S., Nasor, M., & Masykur, R. (2023). Analisis Moderasi Beragama Perspektif Yusuf Al-Qardhawi dan M. Quraish Shihab Serta Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3647–3657. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2005

Sanjaya, R. A., Khalikin, M., Ilham, M., Rezaldi, F., & Asrul. (2023). Konsep Moderasi Beragama Dan Kerukunan Antar Umat Beragama Sesuai Ajaran Agama Islam. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(3), 57–64.

Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama (1st ed.). Tangerang: Lentera Hati.

Sudarji, S. (2020). MODERASI ISLAM: Untuk Peradaban dan Kemanusiaan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 97–109. https://doi.org/10.62775/edukasia.v1i1.11

Sutrisno Edy. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 323–348.

Toha, M., & Muna, F. (2022). Moderasi Islam Dan Aliran Pemikiran Pluralisme Agama. Journal of Education and Religious Studies, 2(01), 22–28. https://doi.org/10.57060/jers.v2i01.36

Wahyudin, W., Taufiq, A., & Islamy, A. (2021). Nilai Sosial Keberagamaan Islam dalam Moderasi Beragama. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 3(2), 273–290. https://doi.org/10.24952/tad.v3i2.4467

Zumrotus Sholikhah, & Muvid, M. B. M. (2022). Konsep Islam Moderat Sebagai Alternatif Dalam Proses Penanggulangan Paham Radikal Di Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 115–128. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.324




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i4.22151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.