Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Anak Usia Dini di PAUD Al- Arbain

khotimatul majidah S

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis peran guru dalam menanamkan atau menerapkan dari nilai-nilai religius pada anak usia dini di Al- Arbain. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memegang peran yang penting pada pembentukan dari karakter religius anak-anak usia dini melalui metode keteladanan, pembiasaan, dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif. Guru secara aktif menanamkan nilai-nilai religius seperti doa, berbagi, dan perilaku sopan melalui kegiatan sehari-hari di kelas. Namun, terdapat tantangan dalam proses ini, terutama keterbatasan waktu di sekolah dan kurangnya keterlibatan orang tua di rumah. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru dan orang tua dalam pendidikan religius anak sangat diperlukan. Solusi yang diusulkan adalah peningkatan keterlibatan orang tua melalui program parenting dan kegiatan religius keluarga untuk memastikan kontinuitas pendidikan nilai religius di rumah. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembiasaan yang konsisten dan keteladanan dalam membentuk perilaku religius pada anak usia dini.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kohlberg, L. (2019). The Philosophy of Moral Development. Harper & Row.

Maulana, A. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 155-167.

Nuryanti, S. (2022). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45-59.

Piaget, J. (2020). The Psychology of the Child. Basic Books.

Putra, R. A. (2022). Religious Education in Early Childhood: The Role of Teachers and Parents in the Digital Age. Journal of Early Childhood Education, 5(2), 101-114.

Rahman, N. (2020). Teachers as Role Models: Implementing Religious Values in Early Childhood Education. International Journal of Education and Development, 8(1), 45-58.

Rahmah, N. (2021). Keteladanan Guru dalam Pendidikan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Islam, 8(4), 200-214.

Rahman, R., & Syamsuddin, S. (2023). Pembiasaan Religius pada Anak UsiaDini di PAUD. Jurnal Ilmu, Pendidikan, 11(2), 98-110.

Rofiah, U. (2019). Holistic Approach in Religious Education for Early Childhood. Journal of Education Research and Practice, 10(3), 67-78.

Susanti, D. (2023). Challenges in Teaching Religious Values in Early Childhood Education in the Digital Era. Journal of Islamic Education, 15(1), 32-47.

Wulandari, A., & Susanto, H. (2021). Contextual Learning in Religious Education for Early Childhood: A Case Study in Urban PAUD. Early Childhood Journal of Education, 12(4), 89-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i4.21432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.