Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Sayuran Terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santo Thomas 2 Kota Medan
Abstract
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, K.et al. (2022).Metodologi Penelitian Kuantitatif.Aceh :Yayasan Penerbit Muhammad
Arikunto,S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Asfiyah, N., Farida, N., & Firdaus, F. (2020). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Tema Tanaman pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Madina. Jurnal Al-Qalam, 3(2), 38–42.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikankementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA).Kemendibudristek, 1–16.
Cahyani, L. (2022). Pengaruh Berkebun Terhadap Green Behavior Anak Kelompok B di TK Khairunnisa Tangerang (Skripsi).Jakarta :Islam Negeri Syarif Hidayatulah.Jakarta.
Handayani, Peny Husna & Srinahyanti. (2018). Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesian, 1(2), 49. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eceji/article/view/32411
Handayani, P. H., Marbun, S., & Novitri, D. M. (2023). 21st Century Learning: 4C Skills In Case Method And Team Based Project Learning. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 181. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.44522
Handayani, P. H., Srinahyanti, & Marbun, S. (2019). Science for Early Childhood Education: Practicality of Science Teaching Materials Oriented Science Literation for Early Childhood. 208(ICSSIS 2018), 4–6. https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.60
Hardani.et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta :CV.Pustaka Ilmu.
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Maisaroh, Dewi. (2023). Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar AUD DI TK Aisyah Bustanul Athfal Dwijata Musi Rawas.(Skripsi). Bengkulu : IAIN Calup
Ma’viyah, A. (2021). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islami Dan Sains, 3, 97–101.
Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021).Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-kanak.Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12
Marietta, A. D. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Pada Anak Kelompok B RA Perwanida 4 Jakabaring Palembang.PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4088
Menteri Pendidikan, K. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Indonesia
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika Dan Keterampilan Proses Sains.Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.22195.
Ningrum, M. S., Sofyan, H., & Harianja, S. I. (2023).Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Melalui Media Hidroponik Terhadap Kecerdasan Naturalis Kelompok B1 Di Tk Dharmawanita Mendalo Darat.Edupedia, 7(2), 228–240. https://doi.org/10.24269/ed.v7i2.2303
Nugraha, Ali. (2005) Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.Jakarta : Direktur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019).Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa.Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612Rini, R. Y., Rijkiyah, D., Yuliyanti, S. N., & Oktapiani, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Skills Abad 21 Pada Anak Usia Dini. National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET), 2(1), 238–245. https://doi.org/10.46306/ncabet.v2i1.84
Rosari, Mari Sekar. (2020). Penerapan Literasi Sains Melalui Kegiatan Eksplorasi Bertematik Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok TK B Di TK Kanisius Jatingaleh Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sari, W. W., Nuryadin, S., & Sujiono, Y. N. (2018).Peningkatan Kemampuan Sains melalui Pendekatan Proyek.Pendidikan Usia Dini, 8(1), 55–64. https://media.neliti.com/media/publications/118851-ID-peningkatan-kemampuan-sains-melalui-pend.pdf
Siregar, S. (2017).Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media.
Suardika, I. K. (2023).Peran Guru Dalam Pendampingan Ekplorasi Pembelajaran Sains di TK Tunas Mekar Sari Denpasar.Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 332–346.
Suciati, Resty, w, I., Itang, Nanang, E., Meikha, Prima, & Reny.(2014). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Biologi.Seminar Nasional Pendidikan Sains IV 2014.
Sugiarsih, L., & Alam, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Bereksplorasi Melalui Metode Eksperimen Kelompok B TK Alif Jombang. Profesi Kependidikan, VOL. 2, 173–180.
Susanti, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pendekatan Inkuiri.Jiv, 8(1), 31–37. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.5
Susilawai, Lilis & Heni Nafiqoh. (2019). Penerapan Metode Tatata Cara Menanam Tanaman Mentimun Terhadap Stimulus Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 2(6), 316-322.
Srinahyanti, S., Handayani Damanik, S., & Noveri Eza, G. (2022). Basic Literacy Activities of Early Childhood Learning in Medan City. https://doi.org/10.4108/eai.11-10-2022.2325322.
Tiana, N., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Dalam Meningkatkan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 9(2), 64–76. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2017.
Turrayyan, H. (2021). Upaya Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Sains Di Sd Negeri Demangan Yogyakarta. Journal Of Alifbata : Journal of Basic Education (JBE), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.104.
Yani, Indah Fitri. (2020). Pemanfaatan Media Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Yapibar Kota Agung Tanggamus (Skripsi). Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yulianti, Dwi (2002). Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Kanak-kanak.Jakarta : PT Indeks
Yus, Anita. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.
Yus, Anita & Winda Widya Sari. (2020). Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Yunus, Abidin.et al. (2017). Pengembangan Literasi (Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis). Jakarta : Bumi Aksara.
Zifhana, Rehny. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitig Pada Proses Sains Menggunakan Model Project Based Learning. Junral Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini. 3(2), 18-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i3.20933
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.