Pendidikan Agama Alternatif: Pembelajaran Melalui Pengajian TPQ Daarussalam Dalam Pembentukan Akhlak Anak

Umi Kalsum, Sri Widyastri

Abstract


Di zaman modern ini pembentukan akhlak anak sangat penting, sedini mungkin penanaman akhlak dilakukan apalagi bagi para remaja yang sedang mencari jati diri, perlu dibekali dengan ilmu-ilmu keislaman. Di sini peneliti tertarik dengan kajian pendidikan agama alternatif TPQ Daarussalam bagi anak-anak sebagai upaya membekali dan membentuk karakter akhlak menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini mengidentifikasikan bagaimana Pendidikan agama alternatif yaitu berupa pembelajaran yang diterapkan oleh pengajian TPQ Daarussalam bagi pembentukan akhlak anak.

Untuk mencapai tujuan di atas, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk Teknik analisis data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengajian setelah ashar & maghrib merupakan salah satu pendidikan alternatif berbasis agama yang berperan dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an, Aqidah, ibadah, dan akhlak. Proses pembelajaran dilakukan pagi, setelah sholat ashar dan setelah sholat maghrib hingga masuk waktu sholat isya. Pengajian ini bertujuan untuk mendidik anak-anak yang bisa memahami baca tulis al-Qur’an yang ber akhlak al-karimah dan berbudaya Islami (2) Materi yang diajarkan berupa materi tentang membaca Al-Qur'an, Aqidah, fiqih dan akhlak dengan sesekali mengaitkannya dengan tema yang dibutuhkan remaja. Sedangkan penggunaan metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan metode ceramah, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode menghafal dan pemberian motivasi (3) Dampak TPQ Daarussalam sebagai pendidikan agama alternatif memberikan dampak positif bagi anak-anak khususnya dalam membentuk akhlak yang semakin meningkat ke arah yang lebih baik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.

Jurnal

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1).

Bado, Basri. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. Pengantar Metode Kualitatif, 2021.

Daulay, M. Y., & Amini, N. R. (2022). Evaluasi Model Pengajian-Pengajian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi, Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 9(1).

Irfan, M. (2022). Pendidikan Agama Alternatif: Pembelajaran Melalui Pengajian Ba’da Maghrib-Isya Dalam Pembentukan Akhlak Anak. Jurnal Anak Bangsa (JAS), 1(2).

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2).

Kemenag RI. (2014). Pedoman Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji (GEMMAR Mengaji).

Nurdiani, N. (2015). ateknik Sampling Snowball dalam penelitian lapangan. Comtech, 5(2), 2014.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01).

Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter ( Akhlak ) Dalam Perspektif Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(1).

Wahyu, F. (2018). Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang, Sumatera Barat. Jurnal Alfuad, 1(2).

Zubaidah, S. (2019). Alternative Education: Constextualization in Islamic Education. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(1).

Wawancara/Observasi

Observasi. Di TPQ Daarussalam. 9 Oktober 2023

Wawancara dengan pengajar TPQ Daarussalam. Masitoh. Jakarta, 9 Oktober 2023.

Wawancara dengan pengajar TPQ Daarussalam. Tajudin. Jakarta, 9 Oktober 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i2.20519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.