Pembaharuan Pendidikan Islam: Studi atas Pemikiran Sir. Muhammad Iqbal Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam
Abstract
Sir. Muhammad Iqbal merupakan salah satu pemikir, penyair, filosof atau cendekiawan yang mendapatkan perhatian melalui gagasan pembaharuannya tentang pendidikan Islam. Pendidikan Islam dalam pandangannya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman modern. Bentuk pembaharuan tersebut didasarkan atas kegelisahannya mengenai berkembangnya pendidikan modern yang digagas oleh Barat. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan menggunakan pendekatakan deskriptif atas temuan dari data primer, yang berkaitan dengan gagasan pembaharuan dalam Islam menurut Sir. Muhammad Iqbal. Gagasan pembaharuan pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal adalah dengan melakukan penyatuan antara intelek dan intuisi, intelek yang diwakilkan oleh pendidikan Barat, sedangkan intuisi diwakilkan oleh pendidikan Timur yaitu Islam, sehingga penyatuan kedua ini mampu memberikan gagasan konstruktif terhadap pendidikan Islam. Penyatuan tersebut juga berimplikasi kepada gagasan kreatif bagi peserta didik bagi masyarakat serta lingkungannya. Selain itu, Pendidikan Islam harus mampu mempersipakan anak didik atau individu untuk menjadi agen perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat, dimana pendidikan Islam haruslah bersifat dinamis dan responsif terhadap perubahan zaman, dengan memadukan antara tradisi keislaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aristyasari, Y. F. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquit Al Attas. Kajian Islam Interdisipliner, 13(Juli), 255–270.
Aristyasari, Y. F. (2019). Pendidikan Islam Progresif Muhammad Iqbal. Al Ghazali, 2(2), 32–50.
Fazlur, R. (1995). Muhammad Iqbal; Essay on The Reconstruction of Modern Muslim Thought (1st ed.). Adam Publishers.
Hendri, K. (2016). Pemikiran Muhammad Iqbal Dan Pengaruhnya Terhadap Pembaruan Hukum Islam. Al-’Adalah, 12(3), 611–622. Retrieved from http://ejournal.iainradenintan.ac.id/index.php/adalah/article/view/879%5Cnhttp://ejournal.iainradenintan.ac.id/index.php/adalah/article/viewFile/879/760
Hidayatullah, S. (2013). Perspektif Filosofis Sir Muhammad Iqbal. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 421.
Iqbal, M. (1930). The Reconstruction of Religious Thought in Islam. USA: Oxford University Press.
Lubis, M. I., & Hitami, M. (2022). at-Tarbiyah al-Mustamirrah : Jurnal Pendidikan Islam Pemikiran Muhammad Iqbal : Pengaruh Rekonstruksi Pendidikan Islam pada Dunia Pendidikan Tinjauan Filosofis Antropologis. 3, 99–108.
Masluhah, M., Afifah, K. R., & Salik, M. (2021). Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 317–338. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.2.317-338
Muslim, N. (2557). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal. Anterior, 4(1), 88–100.
Nuryamin. (2020). Pemikiran Filosofis Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, I(2), 47–60.
Schimmel, A. (1986). Gabriel’s Wing: A Study Into the Religious Ideas of Sir Muhammad Iqbal. Bril.
Suharto, T. (1995). Rekonstruksi Pemikiran Pendidikan Islam : Telaah Pemikiran Muhammad Iqbal. 1–16.
Widyastini. (2017). Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan. Jurnal Filsafat, 27, No. 1, 128.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v8i1.19695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.