KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 ACEH TIMUR.
Abstract
obtained through interviews, observation and documentation. Analysis of the data is done through the
presentation of data, the reduction of data and with drawal of the conclution. The results showed that:
1) Interpersonal communication Madrasah head in improving teacher performance Madrasah Aliyah
Negeri 1 Aceh Timur uses verbal and non-verbal forms of communication and uses several communication
patterns namely linear communication patterns, circle communication patterns, and wheel
communication patterns. And 2) Interpersonal communication that takes place in Madrasah 1 Aceh
Timur involves all elements of communication (communicators, messages, media, and effects) and
also adheres to communication ethics according to Islamic learning. (qaulan kariman, qaulan ma’rufan,
qaulan balighan, dan qaulan layyan).
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Komunikasi interpersonal Kepala Madrasah
kepada para guru dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur, 2)
untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan komunikasi interpersonal Kepala Madrasah kepada Guru
dan Staf Madrasah dalam meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur, 3)
untuk mengetahui Hambatan pada komunikasi interpersonal Kepala Madrasah dalam meningkatkan
Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
Pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memang melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan para guru dan staf dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah
Aliyah Negeri 1 Aceh Timur. Sedangkan bentuk Komunikasi yang dilaksanakan kepala madrasah
dengan para guru dan staf dalam meningkatkan komunikasi interpersonal yaitu kepala madrasah
menggabungkan dengan komunikasi internal yang ada dalam komunikasi organisasi, pertama kepala
madrasah melaksanakan komunikasi ke bawah (dawnward communication) yaitu komunikasi yang
datangnya dari kepala madrasah kepada para guru dan staf. Kedua kepala madrasah juga melaksanakan
komunikasi ke atas (upward communication). yaitu komunikasi yang datangnya dari para guru dan
staf kepada kepala madrasah. Kedua bentuk tersebut dilakukan secara langsung maupun menggunakan
media, dan selalu dengan Qaulan Layyina.
Kata Kunci: Intrapersonal, Madrasah dan Kinerja Guru
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asnawir dan Basyruddin Usman, Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Press, 2002)
Cangara, Hafied, pengantar Ilmu Komunikasi (Cet. XII, Jakarta: Rajawali pers, 2011)
——————————-, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: PT Raja Grafindo, Prasada, 2008)
Daryanto, Administrasi Dan Manajemen sekolah,(Jakarta:Rineka Cipta, 2013)
Effendy. Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997)
————————————————,Dinamika Komunikasi(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
Gunadi, YS. Himpunan Istilah Komunikasi (Jakarta: Gramedia, 1998)
Hatton, Sinclair and, The Motivation in School (Sidney; Allen & Unwin, 1988)
Hoy, Wayne K. and Cecil G. Miskel, Education: Theory Research and Practice (New York: Random
House, 1978)
Jerome, Paul J., Mengevaluasi Kinerja Karyawan(Jakarta: Lembaga Manajemen PPM, 1994)
Kholil,Syukur, Komunikasi Islami (Bandung: Citapustaka Media, 2007)
Lestari, Endang dan maliki, Komunikasi Yang Efektif:Bahan Ajar Diktat Prajabatan Golongan III
(Cet. II: Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2003)
Moejiono, Imam, Kepemimpinan dan Keorganisasian(Yogjakarta, UII Press. 2002)
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi (Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1984)
Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2003)
Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Purwanto, Ngalim, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan(Bandung: Remaja Rosdakarya, 1987)
Rivai, Veithzal, Education and Management (Analisis Teori dan Praktek) (Jakarta: Rajawali Pers
Grafindo Persada, 2009)
Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persepektif Sains dan Islam,(Medan, Perdana Publing,2017)
Suwatno, Pengaruh Komunikasi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMU Kota Bandung,
(Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 3, September- Desember 2009).
Susanto, Phil Astrid, Komunikasi Teori dan Praktek (Bandung: Bina Cipta, 1980)
Stogdill, Ralph M. Handbook of Leadership: A Survey of Theory and Research, Revised and Expanded,
Sagala, Syaiful H. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan(Bandung: Alfabeta, 2007)
Simamora, S. Manajemen Sumber Daya Manusia(Yogyakarta: BPFE, 1984)
Tubbs, Stewart I. dan Sylvia Moss. Human Communication, Edisi II (New York: Random House, 1997)
Turney, J. Frankestein s Footsteps: Science, Genetics and Popular Culture(New Haven CT: Yale Univercity
Press, 1998)
Tim penyusun Kamus pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: pusat Bahasa Departemen
Pendidikan Nasional 2008)
Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru Dan Dosen
Wahjosumidjo. Kepemimpinan dan Motivasi(Jakarta: Ghalia Indonesia, 1987)
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasulahannya (Jakarta: RajaGrafindo
Persada, 2008)
Widjaja, H.A.W. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, (Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 1997)
Wibowo, Manajemen Kinerja, Edisi Kedua(Jakarta: Rajawali Press, 2009)
http://digilib.unila.ac.id/1613/5/LANDASAN%20TEORI.pdf .(diakses 25 Jan 2018)
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i3.1837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.