PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MDA BANI AL-KAUTSAR MEDAN MAIMUN

Fitriyani, Saiful Akhyar Lubis, Siti Zubaidah

Abstract


Abstact: The goals of this research are (1) to know determine the styles and types of headmaster
leadership at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar Medan Maimun, (2) to know determine the role of
headmaster leadership in development teachers ability at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar Medan
Maimun, (3) to know determine the implementation approach of headmaster leadership in development
teachers ability (professional) at Islamic Primary School Bani Al-Kautsar Medan Maimun. The
research method that used is qualitative descrip. The results of this research are : (1) styles and types of
headmaster leadership in development the style of cooperation leadership and the democratic leadership
type. (2) the role of headmaster in development teachers professional at Islamic Primary School
Bani Al-Kautsar Medan Maimun with used interactive communication. (3) the implementation approach
of headmaster leadership in development of teachers ability (professionalism) based on behavior
approach, where this approach has humanist character.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gaya dan tipe kepemimpinan kepala Madrasah Diniyah
Awaliyah (MDA) Bani Al-Kautsar Medan Maimun. (2) mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah
dalam mengembangkan kompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar Medan Maimun.
(3) mengetahui pelaksanaan pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan
kompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar Medan Maimun. Metode Penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian yang dilakukan
adalah sebagai berikut: (1) gaya dan tipe kepemimpinan kepala madrasah berpola pada pelaksanaan
hubungan kerja sama dan tipe kepemimpinan yang demokratis. (2) peranan kepala madrasah di dalam
mengembangkan kompetensi (profesionalitas) guru di MDA Bani Al-Kautsar dengan menggunakan
komunikasi interaktif. (3) pelaksanaan pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan
kompetensi (profesionalitas) guru dilakukan berdasarkan pendekatan perilaku dimana pendekatan ini
mengarah kepada pelaksanaan yang bersifat humanis.
Kata Kunci: Pelaksanaan kepemimpinan, mengembangkan kompetensi guru.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andang,Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Anwar, Desi,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Surabaya: Amelia, 2002)

Assyarqowi, Abdurrahman,Ali bin Abi Thalib (Bandung: Syigma Publishing, 2010)

Daulay, Haidar Putra,Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta:

Kencana Prenada Media Group, 2014)

Eaton, Gai,Islam dan Takdir Manusia (Yogyakarta: Suluh Press, 2006)

Hamdy, Zainy Chalish dan Hambali Adlan, Administrasi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan (Medan:

IAIN PRESS, t.t)

Hakim, Lukmanul,Perencanaan Pembelajaran (Bandung: Wacana Prima, Cet. 2, 2008)

Himpunan Undang-undang Republik Indonesia Guru & Dosen Sisdiknas Sistem Pendidikan Nasional Standar

Nasional Pendidikan (SNP), Cet I (Surabaya: Wacana Intelektual, 2009)

James L. Gibson et al.Organization : Behavior, Structure and Process edisi ke-3 (Chicago: Richard D

Irwins, 1997)

Kartono, Kartini,Pemimpin dan Kepemimpinan Adakah Pemimpin Abnormal? (Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 1998)

Marno, Triyo Supriyatno,Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam (Bandung: Refika Aditma, 2008)

Soedijarto,Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan dan Bermutu (Jakarta: Balai Pustaka, 1993)

Syafruddin, Nurdin,Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Suryadi, Manajemen Mutu Berbasis Sekolah: Konsep dan Aplikasi (Bandung: Sarana Panca Karya

Nusa, 2009)

Stronge, James H. dkk, diterjemahkan Siti Mahyuni,Qualities of Effective Principals,Kualitas Kepala Madrasah

yang efektif (Jakarta: Permata Puri Media, 2013)

Sugono,, Dendy, dkk,Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008), ed.IV

Syafaruddin,Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi

Sekolah Efektif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Sinn, Ahmad Ibrahim Abu, al-Idarah fil Islam, terj.Dimyauddin Djuwaini, Manajemen Syari’ah: Sebuah

Kajian Historis dan Kontemporer (Jakarta: Raja Grafindo Persada, cet.3, 2012)

Shihab, Muhammad Quraish,Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran (Jakarta: Penerbit

Lentera Hati, cet.5, 2012), vol.XIII

Yahya, Murip,Profesi Tenaga Kependidikan (Bandung: Pustaka Setia, cet I, 2013)

Wahyudi, Imam,Panduan Lengkap Administrasi Mengajar Guru (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i3.1836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.