INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURANHADIS PADA MIN GLUGUR DARAT II MEDAN
Abstract
and Hadith on MIN Glugur Land II Medan, (2) To know how Innovation Learning in learning Alquran and
Hadith on MIN Glugur Darat II Medan, and (3) To find out what are the obstacles and solutions for the
implementation of the Innovation of Al Quran and Hadith Strategies on MIN Glugur Darat II Medan. This
research is a qualitative descriptive study. The results of this study are: (1) The learning strategy of Alquran
Hadith uses material derived from guidebooks Alquran Hadith and Alquran translation. (2) Quran Subject
Teachers Hadiths use good material in innovation learning Alquran Hadith in MIN Glugur Darat II Medan,
that is by using digital audio visual learning media in order to more interest student in learning Al -Qur’an
Hadith. The Purpose of the Teacher The subject of the Qur’an Hadith in the innovation of learning is in order
to create an atmosphere of learning is not boring and can boost students’ interest in studying Alquran Hadith.
(3) The internal barrier encountered, ie the Subject Teacher of Alquran Hadith has not been entirely placed in
his field or department. In addition, facilities and infrastructure in MIN Glugur Darat II Medan are less
supportive. Solutions that have been applied, namely by equipping facilities and learning infrastructure first
such as RPP, syllabus, prosem and prota and learning media that will be used.
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui 3 hal, yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi pembelajaran
Alquran dan Hadis pada MIN Glugur Darat II Medan, (2) Untuk mengetahui bagaimana Inovasi Pembelajaran
dalam pembelajaran Alquran dan Hadis pada MIN Glugur Darat II Medan, dan (3) Untuk mengetahui
apa saja hambatan dan solusi penerapan Inovasi Strategi Pembelajaran Alquran dan Hadis pada MIN
Glugur Darat II Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah:
(1) Strategi pembelajaran Alquran hadis menggunakan materi yang bersumber dari buku panduan Alquran
hadis serta Alquran terjemahan. (2) Guru Mata Pelajaran Alquran hadis menggunakan materi yang bagus
dalam melakukan inovasi pembelajaran Alquran hadis di MIN Glugur Darat II Medan, yaitu dengan
menggunakan media pembelajaran digital audio visual agar dapat lebih menarik minat siswa dalam
belajar Alquran hadis. Tujuan Guru Mata Pelajaran Alquran hadis dalam melakukan inovasi pembelajaran
adalah demi untuk menciptakan suasana belajar tidak membosankan dan dapat menigkatkan minat
siswa dalam mempelajari Alquran hadis. (3) Hambatan internal yang dihadapi, yaitu Guru Mata Pelajaran
Alquran hadis belum seluruhnya ditempatkan dibidangnya atau jurusannya. Selain itu sarana dan prasarana
di MIN Glugur Darat II Medan yang kurang mendukung. Solusi yang selama ini diterapkan, yaitu dengan
cara melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, silabus, prosem dan
prota serta media pembelajaran yang akan digunakan.
Kata Kunci: Inovasi, Strategi Pembelajaran, Al’Quran Hadis
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kunandar,Peniliaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada, 2014
Putra Daulay, Haidar,Pendidikan Islam Di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2012.
Rusidana,Konsep Inovasi Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.
Syaefudin Sa’ud, Udin,Inovasi Pendidikan, Bandung Alfabeta, 2017.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i3.1815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.