INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN

M. Nurhadi Amri

Abstract


Abstrak : This study used a qualitative approach. The research was conducted at Senior High Al ulum Integrated Islamic School Medan. research data collected through observation, interviews, and document analysis.The results revealed that: the policy of implementing the integration of Islamic values in biology learning is based on the historical (historical) and philosophical aspects of Vision and Mission of the Senior High of Al Ulum Integrated Islamic Medan. The learning model illustrates the concept of integration of this interconnect with the visualization of the scientific spider web. In the implementation of the integration of Islamic values Senior high of Al Ulum Integrated Islamic chool has sufficient carrying capacity among others is the MGMP activity that helps in tracing the verses related material. in addition to the infrastructure and training facilities held by the school is very helpful in providing an understanding of the concept of integration that will be implemented in the learning process. (4) the inhibiting factor as the weakness point of the implementation of the integration of Islamic values in biology learning is the ability of teachers especially on the subject of biology, which lacks understanding of the integrated material. besides the main factor was the training which was very minimal done by the school.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam Pembelajaran Biologi adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA Islam Al Ulum terpadu Medan. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman dalam pembelajaran Biologi di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan memilki daya dukung yang memadai diantaranya adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Factor penghambat sebagai titik kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam pembelajaran Biologi adalah kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Biologi, yang kurang memahami materi yang diintegrasikan. Selain itu factor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak sekolah.
Kata Kunci: Integrasi,nilai KeIslaman,Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Amin , Islamic Studies diperguran Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkoneksi (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012)

Akdon ,Strategic Managemen for Educational Management. (Bandung: Alfabeta,2006)

Bagir,Zainal Abidin , Integrasi Ilmu dan Agama,Bandung:Mizan,2005

Dimyati, Johni . Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Prenadamedia Group, 2016

Faiz, Fachruddin, Anomali-anomali paradigm integrasi interkoneksi, dalam, Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga ( Yogyakarta : Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2014),h. 109

Fanani, Zainuddin ,Pengembangan studi Islam dalam dimensi Filososi dalam Studi Islam Asia-tenggara(Surakarta: Muhammadiyah Press. 1999)

Fitriani, Fathma ,”Pengembangan Bahan Ajar Kimia terintegrasi nilai-nilai Spritual untuk Kelas XI SMA/MA Semester I Berdasarkan Kurukulum 2013”,Tesis, Pasca Sarjana UNIMED,2016.

Hamzah,Faiz ,” Studi Pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-Sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelasIX Madrasah Tsanawiyah,” dalam Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I,

Lubis, Suwardi , Metodologi Penelitian Social, ed.1,Medan , USU Press, 1987

Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu ,Bandung,Remaja Rosdakarya,2014

Miles, Mathew B. And A.Michael Huberman, Qualitatif Data Analysis, terj. Tjejep Rohendi Rohidi, Edisi Indonesia: Analisa Data Kualitatif ,Jakarta: UI Press, 1992

Moleong, Lexy J. Metedologi Penelitian Kualitatif, cet.1, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Muhaimin, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Mulyana, Rohmat ,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,Jakarta:AlFabeta,2012

Nasir, Haedar ,Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yokyakarta: Multi Presindo,2013)

Nasution,S. Asas-asas Kurikulum ,Jakarta:Bumi Aksara,2008.

Piliang, Muhammad Zahrin , Makalah Modernisasi Pendidikan Islam, Tinjauan Tentang Sekolah Al-ulum Sebagai Integrated Islamic School ,Medan : Juli 2011

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Jakarta: Balai Pustaka, 2003

Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 1, Yogyakarta : SUKA-Press,2013

Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 2, Yogyakarta : SUKA-Press,2013

Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu, Iptek dan Imtaq, Ciputat: Quantum Teaching, 2006.

Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Cita Pustaka Media, 2007.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008

Santoso, Mudji , “Hakekat, Peranan dan Jenis-jenis Penelitian, Serta Pola Penelitian Pada Pembangunan Lima Tahun Ke VI”, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, (Malang : Kalimashada Press, 1994)

Sanusi, Achmad , Sistem Nilai ,Bandung: Nuansa Cendikia,2015.

Sermal Pohan, “Paradigma Baru Pendidikan Tinggi,” dalam Tarbiyah Jurnal Pendidikan dan Keislaman, vol. XV.

Sitorus,Masganti. , Metodologi penelitian pendidikan Islam ,Medan : IAIN Press,2011

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : ALFABETA, 2010.

Suprayogo, Imam ,Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Malang :UIN Malang Press, 2009

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet.1, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2008.

Thoyyar, Thoyyar,”Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam,” dalam Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I

Tim Penyusun, Standar Mutu kekhasan sekolah Islam Terpadu , Jakarta:JSIT Indonesia,2014

Tim Pokja Akademik PIU-IsDB, Penerapan Transdisipliner di UIN Sumatera Utara (Medan : Pokja Akademik UIN-SU, 2015)

Tim Penyusun, KTSP 2006 (Medan, Dinas Pendidikan Kota Medan, 2010)

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan (Malang: IKIP Malang, 1989)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Yayasan Amanah Karamah, Laporan Yayasan Amanah Karamah Periode 2004/2005-2008/2009 ,Medan : 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.