INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam Pembelajaran Biologi adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA Islam Al Ulum terpadu Medan. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman dalam pembelajaran Biologi di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai-nilai KeIslaman SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan memilki daya dukung yang memadai diantaranya adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Factor penghambat sebagai titik kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai keIslaman dalam pembelajaran Biologi adalah kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Biologi, yang kurang memahami materi yang diintegrasikan. Selain itu factor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak sekolah.
Kata Kunci: Integrasi,nilai KeIslaman,Pembelajaran Biologi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Amin , Islamic Studies diperguran Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkoneksi (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012)
Akdon ,Strategic Managemen for Educational Management. (Bandung: Alfabeta,2006)
Bagir,Zainal Abidin , Integrasi Ilmu dan Agama,Bandung:Mizan,2005
Dimyati, Johni . Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Prenadamedia Group, 2016
Faiz, Fachruddin, Anomali-anomali paradigm integrasi interkoneksi, dalam, Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga ( Yogyakarta : Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2014),h. 109
Fanani, Zainuddin ,Pengembangan studi Islam dalam dimensi Filososi dalam Studi Islam Asia-tenggara(Surakarta: Muhammadiyah Press. 1999)
Fitriani, Fathma ,”Pengembangan Bahan Ajar Kimia terintegrasi nilai-nilai Spritual untuk Kelas XI SMA/MA Semester I Berdasarkan Kurukulum 2013”,Tesis, Pasca Sarjana UNIMED,2016.
Hamzah,Faiz ,” Studi Pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-Sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelasIX Madrasah Tsanawiyah,” dalam Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I,
Lubis, Suwardi , Metodologi Penelitian Social, ed.1,Medan , USU Press, 1987
Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu ,Bandung,Remaja Rosdakarya,2014
Miles, Mathew B. And A.Michael Huberman, Qualitatif Data Analysis, terj. Tjejep Rohendi Rohidi, Edisi Indonesia: Analisa Data Kualitatif ,Jakarta: UI Press, 1992
Moleong, Lexy J. Metedologi Penelitian Kualitatif, cet.1, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Muhaimin, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Mulyana, Rohmat ,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,Jakarta:AlFabeta,2012
Nasir, Haedar ,Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yokyakarta: Multi Presindo,2013)
Nasution,S. Asas-asas Kurikulum ,Jakarta:Bumi Aksara,2008.
Piliang, Muhammad Zahrin , Makalah Modernisasi Pendidikan Islam, Tinjauan Tentang Sekolah Al-ulum Sebagai Integrated Islamic School ,Medan : Juli 2011
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Jakarta: Balai Pustaka, 2003
Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 1, Yogyakarta : SUKA-Press,2013
Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 2, Yogyakarta : SUKA-Press,2013
Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu, Iptek dan Imtaq, Ciputat: Quantum Teaching, 2006.
Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Cita Pustaka Media, 2007.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
Santoso, Mudji , “Hakekat, Peranan dan Jenis-jenis Penelitian, Serta Pola Penelitian Pada Pembangunan Lima Tahun Ke VI”, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, (Malang : Kalimashada Press, 1994)
Sanusi, Achmad , Sistem Nilai ,Bandung: Nuansa Cendikia,2015.
Sermal Pohan, “Paradigma Baru Pendidikan Tinggi,” dalam Tarbiyah Jurnal Pendidikan dan Keislaman, vol. XV.
Sitorus,Masganti. , Metodologi penelitian pendidikan Islam ,Medan : IAIN Press,2011
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : ALFABETA, 2010.
Suprayogo, Imam ,Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Malang :UIN Malang Press, 2009
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet.1, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2008.
Thoyyar, Thoyyar,”Model-model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam,” dalam Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I
Tim Penyusun, Standar Mutu kekhasan sekolah Islam Terpadu , Jakarta:JSIT Indonesia,2014
Tim Pokja Akademik PIU-IsDB, Penerapan Transdisipliner di UIN Sumatera Utara (Medan : Pokja Akademik UIN-SU, 2015)
Tim Penyusun, KTSP 2006 (Medan, Dinas Pendidikan Kota Medan, 2010)
Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan (Malang: IKIP Malang, 1989)
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Yayasan Amanah Karamah, Laporan Yayasan Amanah Karamah Periode 2004/2005-2008/2009 ,Medan : 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.