URGENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIS NURUL SITI AISYAH ISHAK DELITUA
Abstract
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif,yang menggunakan pendekatandeskriptif, yaitu sebuah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan serta mengungkapkan fenomena-fenomena dengan jalan mengumpulkan beragam informasi dan data yang berhubungan dengan urgensi profesionalisme gurudalam proses pembelajaran di MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Delitua. Selain itu, penelitian ini dibantu dengan penelitian lapangan (field research), yaitu terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan dengan cara mengamati dan berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung terkait data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaurgensi profesionalisme guru dalam proses pembelajarandi MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Delitua masih perlu ditingkatkan baik dari segi kompetensi pedagogik, yaitu persiapan dan perencanaan dalam mengajar, kompetensi kepribadian yang berhubungan dengan keteladanan yang baik, kompetensi sosial terkait dengan perbaikan komunikasi kepada siswa, guru, orang tua siswa maupun masyarakat, dan kompetensi profesional yaitu peningkatan kualitas substansi keilmuan program studi yang diajarkan dan keinginan untuk meningkatkan keilmuan ke jenjang yang lebih tinggi.
Kata kunci : Urgensi, Profesional Guru, Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Afipudin dan Ahmad Beni Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Al Rasyidin dan Wahyudin Nur, Teori Belajar dan Pembelajaran, Medan: Perdana Publising, cet. 1, 2011.
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kulaitatif Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Janawi, Kompetensi Guru; Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2012.
Kemendikbud RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed.3, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Kunandar, Guru Profesional, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Kholil, Syukur, Metodologi Penelitian Komunikasi, (Bandung: Citapustaka Media, 2006.
Makmun, Abin Syamsuddin, Psikologi Kependidikan; Perankat Sistem Pengajaran Modul, cet.7, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2004.
Mardianto dkk, Praktikum Pengajaran Terbatas; Micro Teaching, Medan: Badan Penerbit Fakultas Tarbiyah IAIN-SU, 2010.
Mistu, MustafanDieb al-Bugha Muhyidin, Al-Wafi Menyelami Makna 40 Hadits Rasulullah; Syarah Kitab Arba’in an-Nawawiyah, cet.v. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2007.
Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Moleong, Lexy,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet2, 2006.
Mujib,A,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2010.
Mulyasa, E, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006), hlm.87.
Nazir, Moh,Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.
Nurdin, Safudin, Guru Profesional Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), hlm.13.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74, tahun 2005, bab II, pasal III, ayat 5.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74, tahun 2005, bab II, pasal III, ayat 6.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.74, tahun 2005, bab II, pasal III, ayat 7.
Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 39 ayat 2,Jakarta: Balitbang-Depdiknas, 2014.
Ramayulis dan Samsu Nizar, Filsafat Pendidikan Islam; Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta: Kalam Mulia, 2009.
Sitorus, Masganti, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam,Medan: IAIN Press, 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.