IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS USIA REMAJA DI SMP-IT NURUL ‘ILMI MEDAN (Studi Kasus pada Program Pendidikan Keputrian)
Abstract
This study aims to analyze in depth the planning of adolescent sex education in keputrian education program at SMP-IT Nurul 'Ilmi Medan, implementation steps and implementation benefits for the students. The research was conducted by qualitative research with phenomenology approach to analyze the implementation of adolescent sex education of case study on keputrian education program that took place in SMP-IT Nurul 'Ilmi Medan based on subjective experience or one's perspective (in this study principal, mentor and students). The result of the research shows that (1) Determine procedure of implementation of education program keputrian, Determine purpose, Determine teacher mentor, time and place allocation, Determine indicator of success, the implementation of education keputrian. (2) Submission of keputrian educational materials conducted by students of class IX and VIII alternately according to schedule determined keputrian, Method used is the lecture method, question and answer, Media used only bulletin keputrian, Interaction between teacher guidance with student showed good educational interaction. (3) Students accustomed to dare to appear in public, Have a good understanding and true about sexuality for young women, the position of women in Islam , adab talking and dressing a Muslimah, things that are forbidden in Islam and adolescent behavior in accordance with Islamic Shari'a, Accustomed to behave, behave and look according to Islamic teachings and sharia wherever located, especially in the school environment, Have a correct understanding of the burden and the responsibility of young women in accordance with Islamic Shari'a.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam perencanaan pendidikan seks usia remaja pada program pendidikan keputrian di SMP-IT Nurul „Ilmi Medan, langkah-langkah pelaksanaan dan manfaat pelaksanaan untuk para siswi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menganalisis implementasi pendidikan seks usia remaja studi kasus pada program pendidikan keputrian yang berlangsung di SMP-IT Nurul „Ilmi Medan berdasarkan pengalaman subjektif atau perspektif seseorang (dalam penelitian ini kepala sekolah, guru pembimbing dan para siswi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan seks usia remaja pada program pendidikan keputrian di SMP-IT Nurul „Ilmi Medan yaitu: Menentukan prosedur pelaksanaan program pendidikan keputrian, Menentukan tujuan, Menentukan guru pembimbing, alokasi waktu dan tempat, Menentukan indikator keberhasilan, Mengevaluasi pelaksanaan pendidikan keputrian. (2) Penyampaian materi pendidikan keputrian yang dilakukan oleh siswi kelas IX dan VIII secara bergantian menurut jadwal yang ditentukan ketua keputrian, Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan diskusi, Media yang digunakan hanya buletin keputrian, Interaksi antara guru pembimbing dengan siswi menunjukkan interaksi edukatif yang baik. (3) Siswi terbiasa untuk berani tampil di depan umum, Memiliki pemahaman yang baik dan benar mengenai seksualitas untuk remaja putri, kedudukan perempuan dalam Islam, adab berbicara dan berpakaian seorang Muslimah, hal-hal yang diharamkan dalam Islam dan perilaku remaja yang sesuai dengan syariat Islam, Terbiasa bersikap, berperilaku dan berpenampilan sesuai ajaran dan syariat Islam dimanapun berada, terutama di lingkungan sekolah, Memiliki pemahaman yang benar tentang beban dan tanggung jawab remaja putri yang sesuai dengan syariat Islam.
Kata Kunci: Pendidikan Seks, Remaja, Pendidikan Keputrian.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Al-Shawwaf, Muhammad Syarif. ABG Islami: Kiat-kiat Efektif Mendidik Anak dan Remaja. Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.
Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs dan Asghar Razavieh, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan,terj. Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Baharuddin. Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Djaali.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Layyin et. al. Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2009.
Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. Nuansa-nuansa Psikologi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Rosyid, Moh. Pendidikan Seks Mengubah Seks Abnormal menuju seks yang lebih bermoral. Semarang: Syiar Media Publishing, 2007.
Sapuri, Rafy. Psikologi Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Sugono, Dendi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Surtiretna, Nina. Bimbingan Seks bagi Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Suyanto, Sri Joko. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo, t.t.
Tito dalam Kompas, Jumat 27 Februari 2004.
Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Jamaluddin Miri. Jakarta: Pustaka Amani, 2007, jilid 2.
Wahyuddin, et. al, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.