IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN STRATEGI BELAJAR MODEL JIGSAW TERHADAP MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS DI MAS SWASTA YMPI SEI TUALANG RASO TANJUNGBALAI
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD dan strategi belajar model jigsaw terhadap mata pelajaran Alquran hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Perencanaan pembelajaran PAI melalui strategi belajar koperatif model STAD dan strategi belajar model jigsaw di MAS YMPI Sei Tualang Raso; pelaksanaan pembelajarannya; Teknik penilaiannya dan Evaluasi setelah menggunakan strateginya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertempat di MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai. Teknik Pengumpulan data atau collecting data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Waktu penelitian ini dimulai dari penelitian awal yang dimulai pada bulan Nopember 2015 dan berakhir pada bulan April 2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perencanannya memuat empat komponen, yakni presentasi guru, kelompok belajar, tournament dan pengenalan kelompok. Sedangkan pelaksanaan jigsaw memiliki 7 landasan, di antaranya adalah konstruktuvisme, tanya jawab, inkuiri, komunitas belajar, pemodelan, refleksi, penilaian autentik. Sementara yang koperatif, yakni menyatakan standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi Pokok dan Pencapaian Hasil Belajar, menyatakan tentang tujuan umum pembelajaran, merinci media, membuat skenario dan menyatakan authentic assessment. Penilaiannya adalah penilaian individu, kelompok, memberi hadiah, pengakuan skor kelompok, formatif dan sumatif. Evaluasinya menggunakan hasil belajar nontes sebagai penilaian kelas, motivasi, belajar tuntas, indikator efektivitas pengajaran dan umpan balik.
Kata kunci : Strategi pembelajaran Kooperatif tipe Stad dan strategi belajar model Jigsaw.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar Abu al-Fádhil al-Asqaláni. Fathul Bári Syarah Shahih al-Bukhári. Terbitan pertama. Beirut: Dár al-Ma’rifah, 1379H.
Anselm Strauss & Juliet Corbin. Penerjmh. Muh.Shodiq & Imam Muttaqien, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif,. Judul asli Basic of Qualitatitve Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
B.Uno,Hamzah. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif) . Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
E.Slavin,Robert. Cooperative Learning (Cara Efektif dan Menyenangkan Pacu Prestasi Seluruh PesertaDidik. Bandung: Nusa Media, 2005.
Haidar Putra Daulay, Nurgaya Pasa,Haidar. Pendidikan Islam dalam Mencerdaskan Bangsa. Bandung: PT Rineka Cipta, Cet.1, 2012.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:CV Pustaka Setia,Cet.10. 2011
Hamalik,Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosda Karya,Cet.4, 2011.
Hisyam Zaini dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Ibrahim,Muslim dkk. Pembelajaran Koperatif. Surabaya: Universitas Press, 2000.
Lincoln,Y.S&Guba,E.G.Naturalistic Inquiry. Beverly Hills:Calif, Sage, 1984.
Lahmudin Lubis dan Elfiah Muchtar. Pendidikan Agama ; Dalam Perspektif Islam, Kristen dan Budha. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, Cet.1, 2013
Mas’ud,Abdurrahman. Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Hukum Islam Jakarta: PT Anset Press, Cet.2, 2004.
M. Quraisy Syihab. M. Quraisy Syihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui. Jakarta: Lentera Hati,Cet.1, 2008.
John W,Creswell. Educational Research, Planning, Conduction and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research. International Edition. By Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458, 2005.
Pupuh,Faturrahman. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2007.
Roestiyah NK. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Rusman. Model-Model Pembelajaran ; Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Ke-2.Cet.V. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Sanjaya,Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group,Cet.7, 2010.
___________. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group, 2006.
Sugiyanto. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 UNS, 2008.
Sudrajat,Ahmad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Syarifudin,Amir. Garis-Garis Besar Fiqih. Jakarta: Kencana,Cet.2, 2003.
Sugiono. Manajemen Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Gramedia, Cet.1, 2008.
Tohri,Muhammad. Belajar dan Pembelajaran, STKIP Hamzanwadi, 2007), h. 4. Dalam buku Hamdani, Strategi Belajar-Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
Udin.S.Winata Putra dkk. Strategi Belajar-Mengajara. Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.
Yamin,Martinis. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group, Cet.1, 2013.
Fitri Puan: Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Strategi Belajar Jigsaw
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.