IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN STRATEGI BELAJAR MODEL JIGSAW TERHADAP MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS DI MAS SWASTA YMPI SEI TUALANG RASO TANJUNGBALAI

Fitri Puan

Abstract


Abstract: The background of this research is implementation of cooperative teaching strategy of STAD and jigsaw model teaching strategy for Alqurah hadis lesson. This research to find out ; The planning of PAI teaching though cooperative teaching strategy of STAD and jigsaw model teaching strategy at MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai ;The teaching action; Assessment technique and; The evaluation after strategy. This research is using qualitative method. This research is located at MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai. The Technique of Data is using Observation, interview and Document. The time for research is started on previous research in November, 2015 and finished in the end of April, 2016. Analysis technique for this research is using reduction data, display data and taking a summary. The result of this research is the planning contents of four components, those are, teacher’s presentation, panel study, tournament and group introduction. And jigsaw model teaching strategy has seven basics, those are mind of construction, asking-answering, inquiry, study community, modeling, reflection, authentic assessment. And the cooperative is stating about competency standard, standard of competency, the main of subject and approaching result study is stating the purpose of general teaching, media detail, making the scenario and authentic assessment. The assessments are individual, group, providing the gift, admitting of group’s score, formative and summative. And for the evaluations are using the result of non-test teaching as the class assessment, motivation, finally study, indicator of teaching effective and feed back.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran koperatif tipe STAD dan strategi belajar model jigsaw terhadap mata pelajaran Alquran hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Perencanaan pembelajaran PAI melalui strategi belajar koperatif model STAD dan strategi belajar model jigsaw di MAS YMPI Sei Tualang Raso; pelaksanaan pembelajarannya; Teknik penilaiannya dan Evaluasi setelah menggunakan strateginya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertempat di MAS YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai. Teknik Pengumpulan data atau collecting data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.. Waktu penelitian ini dimulai dari penelitian awal yang dimulai pada bulan Nopember 2015 dan berakhir pada bulan April 2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah perencanannya memuat empat komponen, yakni presentasi guru, kelompok belajar, tournament dan pengenalan kelompok. Sedangkan pelaksanaan jigsaw memiliki 7 landasan, di antaranya adalah konstruktuvisme, tanya jawab, inkuiri, komunitas belajar, pemodelan, refleksi, penilaian autentik. Sementara yang koperatif, yakni menyatakan standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi Pokok dan Pencapaian Hasil Belajar, menyatakan tentang tujuan umum pembelajaran, merinci media, membuat skenario dan menyatakan authentic assessment. Penilaiannya adalah penilaian individu, kelompok, memberi hadiah, pengakuan skor kelompok, formatif dan sumatif. Evaluasinya menggunakan hasil belajar nontes sebagai penilaian kelas, motivasi, belajar tuntas, indikator efektivitas pengajaran dan umpan balik.
Kata kunci : Strategi pembelajaran Kooperatif tipe Stad dan strategi belajar model Jigsaw.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar Abu al-Fádhil al-Asqaláni. Fathul Bári Syarah Shahih al-Bukhári. Terbitan pertama. Beirut: Dár al-Ma’rifah, 1379H.

Anselm Strauss & Juliet Corbin. Penerjmh. Muh.Shodiq & Imam Muttaqien, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif,. Judul asli Basic of Qualitatitve Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

B.Uno,Hamzah. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif) . Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

E.Slavin,Robert. Cooperative Learning (Cara Efektif dan Menyenangkan Pacu Prestasi Seluruh PesertaDidik. Bandung: Nusa Media, 2005.

Haidar Putra Daulay, Nurgaya Pasa,Haidar. Pendidikan Islam dalam Mencerdaskan Bangsa. Bandung: PT Rineka Cipta, Cet.1, 2012.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:CV Pustaka Setia,Cet.10. 2011

Hamalik,Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosda Karya,Cet.4, 2011.

Hisyam Zaini dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Ibrahim,Muslim dkk. Pembelajaran Koperatif. Surabaya: Universitas Press, 2000.

Lincoln,Y.S&Guba,E.G.Naturalistic Inquiry. Beverly Hills:Calif, Sage, 1984.

Lahmudin Lubis dan Elfiah Muchtar. Pendidikan Agama ; Dalam Perspektif Islam, Kristen dan Budha. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, Cet.1, 2013

Mas’ud,Abdurrahman. Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Hukum Islam Jakarta: PT Anset Press, Cet.2, 2004.

M. Quraisy Syihab. M. Quraisy Syihab Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui. Jakarta: Lentera Hati,Cet.1, 2008.

John W,Creswell. Educational Research, Planning, Conduction and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research. International Edition. By Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458, 2005.

Pupuh,Faturrahman. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Roestiyah NK. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Rusman. Model-Model Pembelajaran ; Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Ke-2.Cet.V. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sanjaya,Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group,Cet.7, 2010.

___________. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group, 2006.

Sugiyanto. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 UNS, 2008.

Sudrajat,Ahmad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Syarifudin,Amir. Garis-Garis Besar Fiqih. Jakarta: Kencana,Cet.2, 2003.

Sugiono. Manajemen Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Gramedia, Cet.1, 2008.

Tohri,Muhammad. Belajar dan Pembelajaran, STKIP Hamzanwadi, 2007), h. 4. Dalam buku Hamdani, Strategi Belajar-Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

Udin.S.Winata Putra dkk. Strategi Belajar-Mengajara. Jakarta: Universitas Terbuka, 2002.

Yamin,Martinis. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group, Cet.1, 2013.

Fitri Puan: Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Strategi Belajar Jigsaw




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i3.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.