Pengaruh Kebiasaan Mengemukakan Pendapat Teknik Debat Terhadap Perilaku Asertif

Annisa Arrumaysa Daulay

Abstract


This study aims to determine the effect of the habit of expressing the debate technique on student assertive behavior. This type of research is experimental research with a pre-test and post-test group design. The subjects of this study were students of class X-10 Man 2 Model Medan, amounting to 18 students who had low assertive behavior determined from the results of the pre-test questionnaire. The instrument used was a questionnaire to collect data about assertive behavior that had previously been tested to determine the validity and reliability of the questionnaire. The data analysis technique uses a different test (t-test). The results showed that there was an influence of the habit of expressing opinions on students' assertive behavior.

Keywords


Habit of Expressing Debate Techniques, Assertive Behavior

Full Text:

PDF

References


Allson. 2006. Pengembangan Diri. Balitbang, (Online) dalam

(http://apri76.files.wordpress.com/2009/08/pengembangan-diri.doc,

diakses 18 Februari 2014)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asokan, M dan Muthumanickam. 2013. A Study on Student’s Self Control In

Relation to Assertiveness Behaviour. International Journal of Teacher Educational Research (IJTER), Vol.2, No.1, 36-42 (Online) dalam, (http://ijter.com/pdf_20files¬_20folder/JANUARY2013/p4.pdf, diakses 16 maret 2014)

Aqib, Zainal. 2013. Konseling Kesehatan

Mental Untuk mahasiswa, guru,

dosen, konselor. Jakarta: Yrama Widya. Hal. 151

Chrisma Widjaja, Pauline Dwiana dan

Ratna Wulan. 1998. Hubungan

Antara Asertivitas Dan Kematangan Dengan Kecenderungan Neurotik Pada Remaja”. Jurnal psikologi No 2, hal. 56 – 62 (online) dalam (jurnal psikologi–prilaku asertif. pdf diakses pada tanggal 13 Agustus 2014)

Elizabeth B, Hurlock. 1980. Psikologi

Perkembangan Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Hal. 206

Eskin, Mehmet. 2003. Self-Reported

Assertiveness in Swedish and Turkish Adolescents: A Cross Culture Comparison. Scandinavian Journal of Psychology, 44, 7-12, (Online) dalam (http://international journal of assertiveness.pdf, diakses 16 Maret 2014)

Hadfield, Sue dan Hasson, Gill. 2014.

Bersikap Tegas Dalam Segala Situasi. Diterjemahkan oleh Dra.Ursula Gyani Buditjahja. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia)

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran

Inovatif. Media Persada: Medan

Lindenfield, Gael. 1997. Seri Keluarga:

Mendidik Anak Agar Lebih Percaya Diri. Diterjemahkan oleh Ediati Kamil. Jakarta:Arcan

Marini, Liza dan Andriani, Elvi. 2005.

Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, Vol.1, No.2, hal. 46 – 51 (Online), dalam (http://usupress.usu.ac.id/files/Psikologia Vol_1 No_2 Des_2005.pdf, diakses 11 Januari 2014)

Moore, Kimberley A, & Hudson, Erin E, Smith, Brandon F. Tanpa Tahun. The

Relationship between Assertiveness and Social Anxiety in College Students. Undergraduate Research Journal for the Human Sciences. Huntington University, (Online) dalam (http://www.kon.org/urc/v6/moore.html, diakses 23 Januari 2014)

Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Hal. 166-167

O’Brien, Paddy. 1995. Sikap Tegas: Sebuah Petunjuk Kerja. Terjemahan Septina

Yuda P. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Universitas Negeri Padang:

Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Bimbingan Dan Konseling

Priyanto, Sugeng. Harun, Djaenuddin. dkk. 2008. Contextual Teaching and

Learning Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP kelas VIII edisi 4.

Grasindo. Hal. 112-113, (Online) dalam

(http://books.google.co.id/books.id=MOjpKqu09DwC&hl=id&source

diakses 15 Mei 2014)

Sanovaria. 2013. Pengaruh Penggunaan teknik Assertive Training Dalam

Konseling Individu Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa Kelas X SMA RK Deli Murni Delitua. Medan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Skripsi tidak diterbitkan

Syukri, M. Rafki dan Zulkarnain. 2005.

Asertivitas dan Kreativitas Pada

Karyawan yang Bekerja di Multi Level Marketing. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, (Online) Vol.1, No.2, Hal. 52–59, dalam (http://usupress.usu.ac.id/files/Psikologia Vol_1 No_2 Des_2005.pdf, diakses 11 Januari 2014)

Roifah, Yanis Ainur. 2014. Peran Guru

BK Dalam Membina Perilaku Asertif Siswa yang Terisolir SMP Muhammadiyah Yogyakarta 2. Yogyakarta:Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, (online) dalam (http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/psychology/2008/Artikel.pdf diakses 13 Agustus 2014)

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling

di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

http://voeaddie.blogspot.com/2007/09/pengaruh-perilaku-asertif-terhadap.html: diakses 30 Januari 2014

http://zhalabe.blogspot.com/2012/01/perilaku-asertif.html, diakses 14 Maret 2013

______.2008. Kewarganegaraan 1 SMP Kelas 1. Tim Grasindo

(http://books.google.co.id/books.id=MOjpKqu09DwC&hl=id&source

diakses 15 Mei 2014)

http://www.beritaterhangat.net/2012/07/cara-menyampaikan-pendapat-yang-baik.html diakses tanggal 27 Maret 2014

http://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/02/07/metode-pembelajaran-inovatif-debate-methods di akses pada tanggal 30 Agustus 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v6i1.4862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annisa Arrumaysa Daulay

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat