Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sebagai Mitra Bestari Jurnal Ilmiah Pada Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam: Participatory Action Research

Muhammad Putra Dinata Saragi

Abstract


Layanan Informasi belum banyak digunakan sebagai kegiatan kurangnya pemahaman. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan tentang mitra bestari di jurnal nasional sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi; dan mendeskripsikan kemampuan dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan tentang me-review artikel sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan (participatory action research) dengan desain pre-test dan post-test. Objek Penelitian adalah UIN Sumatera Utara Medan, Subjek penelitian adalah dosen tetap yang berminat menjadi mitra bestari. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument pemahaman mitra bestari, wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Data dianalisis dengan validitas, reliabilitas, Deksriptif, dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Berdasarkan temuan penelitian pemahaman dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan sebagai mitra bestari dalam melakukan review artikel di jurnal nasional sebelum diberikan layanan informasi berada pada kategori sedang dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan sesudah diberikan layanan informasi berada pada kategori sangat tinggi, artinya pemahaman dosen meningkat. Kemampuan dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan tentang me-review artikel sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi terdapat perbedaan signifikat skor rata-rata pemahaman sebagai mitra bestari sebelum diberikan layanan informasi (pre-test) dan sesudah diberikan layanan informasi (post-test), dimana skor rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan skor rata-rata pre-test untuk semua indikator pemahaman mitra bestari. penelitian ini hanya dilakukan untuk satu kelompok eksperimen saja

Keywords


Reviewer Jurnal, Post Test, Pre Test, Pengetahuan dan Pemahaman, Akreditasi Prodi

Full Text:

PDF

References


Afriyanto. (2018). Mengapa Akreditasi Penting. BAN PAUD KEMDIKBUD.

Amalia, I., & Suwanto, S. A. (n.d.). PENGARUH PEMANFAATAN LAYANAN ELECTRONIC LIBRARY MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi, (2019).

BAN PT. (2019). Akreditasi Program Studi Program Sarjana: Matrik Penilaian Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Program Studi.

Baum, F., MacDougall, C., & Smith, D. (2006). Participatory action research. Journal of Epidemiology and Community Health, 60(10), 854–857. https://doi.org/10.1136/jech.2004.028662

C. Estrada.Kalet, A.Smith, W..&Chin, M. H. (2006). How to Be an Outsanding Reviewer for the Journalof General Internal Medicine. Journal of General Internal Medicine, 21(3), 281–284. http://doi.org/10.1111/i.1525-1497.2006.00300354.x

Chumairoh, M. S., Satyareni, D. H., Pesantren, U., Darul, T., Android, M., & Application, H. (2014). PERANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE PADA PLATFORM ANDROID BERBASIS HTML5 STUDI KASUS LAYANAN INFORMASI WEBSITE UNIPDU. 1(1), 1–6.

Fathony, M., & Ulum, I. (2018). University’ Characteristics, Accreditation Status, and Intellectual Capital Disclosure : Evidence From Indonesia. International Journal of Economics and Research, 9(6), 23–36.

Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250

Gunawan, Y. (1987). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Gramedia Pustaka Utama.

Haswan, F., & Nopriandi, H. (2021). Kombinasi Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Calon Reviewer Internal Universitas Islam Kuantan Singingi. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(3), 432–440. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1136

Heriteluna, M. (2017). Akreditasi Perguruan Tinggi dan Budaya Bukti (Culture of Evidence). Jurnal Sepakat, 4(1), 115–122.

Ilmiah, J., Teknik, P., Pemberian, P., Terhadap, P. D. A. N. P., Belajar, H., Diklat, M., Dev, H. D. W., Siswa, A. P., Negeri, S. M. K., & Basung, L. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw.dev.100.2.a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung.

Inayahaningtias, D., & Suliyati. (2019). Penataan Arsip Dinamis Aktif Dalam Mendukung Layanan Informasi Pada Subbag Administrasi Umum Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6, 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23128

Kelas, T., Farmasi, X. I., Pekanbaru, I., Kelas, T., Farmasi, X. I., & Pekanbaru, I. (2015). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT SISWA TENTANG PERGURUAN. 1–11.

Kelas, T., Farmasi, X. I., Pekanbaru, I., Kelas, T., Farmasi, X. I., Pekanbaru, I., & Riau, U. (2015). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG WAWASAN KARIR TERHADAP SELF EFFICACY KARIR SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PEKANBARU KARIR TERHADAP SELF EFFICACY KARIR SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PEKANBARU. 1–15.

Kholid, I., & Patimah, S. (2021). Management Structural Reviewer Of Performance Efficiency By Head Of Administration Officer Of Islamic Senior High School In Lampung Province. International Journal of Educational Research & …, 899–906. https://ijersc.org/index.php/go/article/download/120/129

Livana PH, Amin Kuncoro, H. A. (2022). Pelatihan Mereview Naskah Untuk Meningkatkan Kapasitas Reviewer dalam Mengelola Jurnal. Http://Jurnal.Globalhealtihsciengroup.Com/Index.Php/JPM, 4 nomor 1, 195–198.

Manurung, M. (2018). Reflection terhadap Kemandirian Pemilihan Karir Siswa Kelas IX-2 Smp Negeri 7 Medan. 72–83.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. UNP Press.

Prayitno. (2014). L.1 – L.9. UNP Press.

Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Rakhmani, I., & Siregar, F. (2016). Mereformasi Penelitian di Indonesia: Kebijakan dan Praktik. Working Paper, 92, 86.

Sani, D. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Karir terhadap Minat Berwirausaha. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 6(3), 343–372. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i3.904

Setiawan, A. (2020). Kebijakan BAN PT Tentang Akreditasi Program Studi (Issue November).

Sukardi, Dewa Ketut, D. P. . N. K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rineka Cipta.

Sutopo, S., Sugiyono, S., & Setiadi, B. R. (2019). Analysis of the accreditation grade of study programs in Indonesia higher education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 335, 96–104. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.16

Teknik, P., Pendek, S., Bulutangkis, P., Media, M., & Visual, A. (n.d.). Peningkatan Teknik Servis Pendek Pada Bulutangkis Melalui Media Audio Visual (Sofyan Ardyanto). 4(3), 21–32.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan madrasah. PT. Raja Grafindo Persada.

Yuhertiana, I., Rochmoeljati, Dwiridotjahjono, J., Putra, I. N. D. P., & Wibawani, S. (2020). The impact of Indonesia new higher education accreditation criteria implementation. Journal of Critical Reviews, 7(3), 241–246. https://doi.org/10.31838/jcr.07.03.45




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v10i1.13313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Putra Dinata Saragi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat