Kontribusi Keterlibatan Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa dalam Pemilihan Jurusan

Nanang Aria Sandika, Al Halik

Abstract


Tujuan Penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya keterlibatan orang tua terhadap kemandirian siswa dalam pemilihan jurusan. Karena banyaknya siswa yang mengalami kesulitan seperti tidak dapat menentukan jurusan.

Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 384 orang dan mengambil sampel 196 siswa. Ukuran penelitian adalah model skala Likert dan ukuran keterlibatan orang tua (0,766) dan kemandirian siswa dalam seleksi utama (0,777). Data dianalisis menggunakan regresi berganda.

Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis data maka diketahui bahwa keterlibatan orang tua sangat tinggi, hingga mencapai 85%. Selanjutnya, hasil analisi data kemandirian siswa dalam pemilihan jurusan dikategorikan mandiri (tinggi) dengan persentase 80%. Setelah dilakukan analisis regresi maka diketahui keterlibatan orang tua berkontribusi terhadap kemandirian siswa dalam pemilihan jurusan (20,7%).

Kesimpulan: Dapat diartikan bahwa keterlibatan orang tua berkontribusi dalam memandirikan siswa menentukan pilihan jurusan yang akan dijalaninya.

Implikasi: Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan atau pertimbangan bagi siswa, guru dan semua yang terlibat sebelum memutuskan pilihan jurusan yang dipilihnnya. Guru tidak hanya menyerahkan kepada siswa, guru bisa menyarankan kepada siswa untuk mendiskusikannya kepada orangtua.


Keywords


Keterlibatan Orang Tua, Kemandirian; Siswa; Jurusan.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Daharnis, D., & Ardi, Z. (2016). The Compatibility Student Choice of University Majoring; A preliminary studies. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 101–109.

Desforges, C., & Abouchaar, A. (2003). The impact of parental involvement, parental support and family education on pupil achievement and adjustment: A literature review (Vol. 433). DfES London.

Devianti, R. (2015). Kontribusi Dukungan Orangtua, Teman Sebaya, dan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Minat Siswa pada Jurusan yang Ditempati di SMA. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29210/112600

Fajaria, D., Marjohan, M., & Sukmawati, I. (2013). Kemandirian Perilaku Peserta Didik dalam Pemilihan Jurusan dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/02013221720-0-00

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung: Pustaka Setia.

Garcia, P. R. J. M., Restubog, S. L. D., Bordia, P., Bordia, S., & Roxas, R. E. O. (2015). Career optimism: The roles of contextual support and career decision-making self-efficacy. Journal of Vocational Behavior, 88, 10–18.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1(1), Article 1.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan Teman Sebaya dan Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5189

Hornby, G. (2005). Improving parental involvement. A&C Black.

Ikonen, K., Leinonen, R., Asikainen, M. A., & Hirvonen, P. E. (2018). The influence of parents, teachers, and friends on ninth graders’ educational and career choices. International Journal of Gender, Science and Technology, 9(3), 316–338.

Junianto, D., & Wagiran, W. (2013). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).

Kustiyahningsih, Y., & Syafa’ah, N. (2015). Sistem pendukung keputusan untuk menentukan jurusan pada siswa sma menggunakan metode kNN dan SMART. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 1(1).

Rahayu, E. B. (2014). Algoritma C4. 5 Untuk Penjurusan Siswa SMA NEGERI 3 PATI. Progr. Stud. Tek. Inform. Fak. Ilmu Komput, 3–6.

Rahma, U., & Rahayu, E. W. (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga dalam Membentuk Kematangan Karier Siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(3), 194–205. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.194

Rossallina, L., & Salim, R. A. (2019). Perilaku eksplorasi karier, dukungan sosial, dan keyakinan dalam pengambilan keputusan karier SMP. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 224–239. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2627

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Erlangga.

Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif (Vol. 17).

Steinberg, & Laurence. (1999). Adolescence. New York: McGraw-Hill.

Sudarma, M. (2021). Merdeka Belajar: Menjadi Manusia Otentik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suliyanto, S. E., & MM, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif. Jakarata: Erlangga.

Thalib, S. B. (2017). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta: Prenada Media.

Tolada, T. (2012). Hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Unpublished undergraduate’s thesis) Universitas Indonesia, Depok, Indonesia.

Urbig, D., & Monsen, E. (2012). The structure of optimism:“Controllability affects the extent to which efficacy beliefs shape outcome expectancies.” Journal of Economic Psychology, 33(4), 854–867.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta : Andi Offset.

Wentzel, K. R., Wigfield, A., & Miele, D. (2009). Handbook of motivation at school (Vol. 704). Routledge New York, NY.

Wibowo, P. A. (2015). Hubungan Aspirasi edukasi Orang Tua dengan Proses Pengambilan Keputusan Karier Siswa di SMA 36 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.041.15

Widyastuti, R. J. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK Unesa, 3(1), 231–238.

Wirianto, D. (2014). Perspektif historis transformasi kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1).

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (4 ed.). Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v9i2.12647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nanang Aria Sandika, Al Halik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat