UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 34 MEDAN

Ersada Br Sembiring

Abstract


Collection techniques, namely, observation, discussion, literature study. The data that has been collected was analyzed using qualitative and quantitative analysis. Based on the results of the research that improving teacher performance in carrying out learning, it can be concluded that researchers from peers can facilitate communication between teachers in carrying out learning in class, Researchers from peers can apply teachers to implementing learning in class.


Keywords


Teacher Performance, Collaborative Educational Supervision

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2010, Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

----------.2004. Manajemen Keuangan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E, 2008, Menjadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya offset.

Purwanto, M. Ngalim, 2017. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosada karya

Rivai, Basri (2005:14) Performance Appraisal:Sistem yang Tepat untuk menilai Kinerja Karyawan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan motivasi belajar menagajar. Jakarta: Raja Garsindo Persada.

Subadi, Tjipto. 2011. Inovasi Pendidikan. Surakarta:FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Supardi, dkk, 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v5i1.9912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: