PELAKSANAAN WORKSHOP DI SMP NEGERI 6 MEDAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN SILABUS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Arifuddin Arifuddin

Abstract


The purpose of this school action research (PTS) is to increase the level of understanding of teachers, especially at SMP Negeri 6 Medan in compiling and developing the syllabus and lesson plans (RPP) through workshops. The method used in this study is the School Action Research (PTS) method. The subjects of this study were teachers of SMP Negeri 6 Medan from various subjects as many as 48 people. Data collection techniques used are in the form of observation sheets, interviews and documentation studies. Based on the results of the assessment through the Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP) assessment format in the second cycle, which reached a score of 86.7, it was in the very good category. The competence of SMP Negeri 6 Medan teachers in compiling, developing, perfecting the syllabus and lesson plans in orientation activities or before taking corrective actions in the second cycle is very limited

Keywords


Workhsop, Teacher Competency Quality, Lesson Plans And Syllabus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.

Depdiknas, 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Pedoman Materi Inti Kepala Sekolah. Tahun 2010. Jakarta. BP. Panca Bhakti (CV) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sardiman. 2008. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sagala, H. Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Sangaji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. “Metodologi Penelitian”. Yogyakarta Andi.

Siswanto Sastrohadiwiryo, B. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum Jamil, 2013. Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaiful Bahri Djamarah, 2006. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah, B. 2009. Teori motivasi dan Pengukurann ya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Winkel, 2013. Belajar dan Pembelajaran, (online), (http//kedai informasiku.com)




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v5i1.9908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: