PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN METODE MATH MAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 067849 MEDAN
Abstract
Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan diperoleh rata – rata pada kelas eksperimen lebih baik
dari pada rata – rata kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen memiliki rata – rata 76
dan kelas kontrol dengan rata – rata 67. Begitu juga dengan hasil uji-t diperoleh thitung
= 2,33 > ttabel = 1,990. Maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick dengan metode
math magic terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok
kelas V SD Negeri 067849 Medan, sehingga hipotesis tersebut diterima
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif , Medan: Media Persada.
Handojo, Ediati, (2007), Math Magic , Jakarta: PT. Kawan Pustaka, Cet.ke-10.
Handi Pramono dan Tim MagicMath 100, 2012, Magic Math 100 Menghitung Kuadrat
dan Perkalian, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Hamalik, (1990), Pengembangan Kurikulum, Bandung: Mandar Maju.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia
(Jakarta: Balai Pustaka, Cet Ke 3.
Hudojo,( 2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang:
UM Press.
Ngalimun, (2013), Strategi dan Model Pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Pressindo,
Cet. Ke-II.
Sakinah, “Penerapan Metode Math Magic Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Matematika Siswa Sekolah Dasar” (tulis.uinjkt.ac.id, diakses pada 13 Desember
pukul 13.00)
Teti Puspita Sari, “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick (TS) Secara
Berkelompok Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 2
Bukittinggi”, (https://plus.google.com, diakses pada 13 Desember 2013 pukul
00)
Tim Magic Math 100 (http://books.google.co.id/ diakses pada Senin, 20 Januari
pukul 11.00)
Kunandar, (2010), Guru Profesional, Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto, (2002), Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v3i1.6965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: