PENILAIAN PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP KINERJA GURU YANG BERSERTIFIKAT PENDIDIK PROFESIONAL
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penilaian stakeholder terhadap
kinerja guru bersertifikat pendidik 25,5 % sangat baik; 54,96 % baik pada setiap
kompetensi (pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial. Sedangkan penilaian dari
Komite Sekolah adalah 31,8% sangat baik; 52,2% baik. Kesimpulanya adalah
sertifikasi sangat baik untuk memajukan guru menjadi guru professional. Saran
yang diberikan adalah proses sertifikasi ini dilanjutkan sehingga semua guru
memperoleh kesempatan untuk menjadi guru profesional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam
Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah
Malang
Centre for Civic Education, 1994, National Standards for Civics and Government,
California: Centre for Civic Education.
CSES Working Paper Series Paper 4 Ithaca, NY: Cornell University
Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Elliot Turiel.2002. The Culture of Morality: Sosial Development, Context, and
Conflict.
Faturidiman dan Agus Dwiyanto, 2001. Reorientasi Kebijakan Kependudukan,
Yoyakarta, PKK UGM.
ILO. 2004. "Gender and Poverty", A Series of Policy Recommendations Decent Work
and Poverty Reduction in Indonesia. Jakarta.
Jain, A K.2001.Ecology and Natural Resource Management For Sustainable
Development. New Delhi: Management Publishing Co.
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi
Daerah.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Jim Ife. 2002. Community Development: Community Based Alternatives in Age of
Globalization.2nd Edition. Frenchs Forest NSW: Longman (pp.180-225)
Johnson, Doyle Paul. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Terjemahan Robert
MZ. Lawang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
June R. Chapin. 1994. Elementary Sosial Studies: A Practical Guide. New York:
Longman.
Kahn, James R. 2005. The Economic Approach to Environmental Natural Resources.
rd Edn. Thomson-South-western.
Long, Norman and Ann Long (Ed.) 1992. Battlefields of Knowledge: The Interlocking
of Theory and Practice in Sosial Research and Development. London, New York:
Long Martinussen, John. 1997.SOCIETY, STATE, & MARKET: A Guide.
Muhadjir , Noeng. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nee, Victor. 2003. The New Institutionalism in Economics and Sociology.
Partha Dasgupta and Ismail Serageldin. 1999, Sosial Capital : A Multifaceted
Perspective, Washington D.C: The World Bank Sumantri, Muhammad Numan,
, Menggagas Pembaharuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tilaar, H.A.R. dan Riant Nugroho. 2008. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
UNDP, 2005. The
Indonesia MDGs Report 2005.
(http:/
/undp.or.id/pubs/imdg2005/).
USAID 2007. Seri Manajemen Pelayanan Publik. Website: www.lgsp.or.id
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i2.6935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: