MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KEPALA SEKOLAH BINAAN DALAM MENERAPKAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN MELALUI WORKSHOP BERBASIS BAHAN BACAAN

Suriadi Suriadi

Abstract


Indikator keberhasilannya adalah
meningkatnya kompetensi pengetahuan danketerampilan kepala sekolah binaan
dalam menerapkan kepemimpinan pendidikandi sekolahnya.Pendekatan yang
digunakan adalah keterampilan proses, dan andragogi, metodenya adalah workshop,
dan tekniknya adalah diskusi. Waktu dan tempat pelaksanaannya adalah pada bulan
September 2017 di SMP binaan-1. Artikel ini menyimpulkan bahwa workshop
berbasis bahan bacaan ternyata mampu meningkatkan kompetensi aspek
pengetahuan dan aspek keterampilan kepala sekolah dalam menerapkan
kepemimpinan kependidikan dengan indikatornya adalah (1) kompetensi aspek
pengetahuan kepala sekolah meningkat dari nilai rata-rata 55 menjadi 93,75 atau
sebesar 38,75; dan (2) kompetensi aspek keterampilan kepala sekolah meningkat
dari nilai rata-rata 40 menjadi 70 atau sebesar 30. Artikel ini merekomendasikan
agar (1) kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan menerapkan kepemimpinan
pendidikan dalam memimpin sekolahnya, dan (2) pengawas manajerial melakukan
workshop berbasis bahan bacaan bagi kepala sekolah binaannya dalam menerapkan
kepemimpinan pendidikan.


Keywords


Workshop, Bacaan, Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Imran. (2000). Penerbitan Disertasi Menjadi Buku. Malang: Universitas

Malang.

Bellingham, John. (2004). Dictionary of Education, 2nd Edition. New Delhi:

Academic (india) Publishers.

Bush, Tony, and Marianne Coleman [Penerjemah: Fahrurrozi]. (2006). Leadership

and Strategic Management in Education (Manajemen Strategis Kepemimpinan

Pendidikan). Yogyakarta: IRCiSoD.

Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan

Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia.

--------. (2003). Menjadi Komunitas Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional

dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Proyek Peningkatan

Mutu.

--------. (2003). Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Jakarta:

Balitbang.

---------. (2007). Panduan Bimbingan Teknis Peningkatan Profesi Kepala Sekolah.

Jakarta: Ditjen PMPTK.

Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di

Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Diniyah Putri. (2014). Supervisi Akademik Teknik Workshop

Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Aktif.

[Laporan Hasil PTS]. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, Vol. 6, No. 2,

Oktober 2014:67-76. http://www.8276-16832-1-SM.pdf (26 Desember

.

Hendarman. (2016). Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Indeks.

Kemdikbud. (2015). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala

Sekolah/Madrasah. [Bahan Pembelajaran Utama]. Jakarta: Direktorat GTK.

---------. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun

tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud.

Kemdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007

tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Biro Hukum dan

Organisasi Kemdiknas.

---------. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010

tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Biro

Hukum dan Organisasi Kemdiknas.

Manullang, Belferik dan Sri Milfayetty. (2001). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

[Makalah], Disampaikan pada Seminar Sehari Dinas Pendidikan dan

Pengajaran Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, di Lubuk

pakam, tanggal 29 Maret 2001.

--------. (2002). Studi tentang Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah dan Efektivitas

Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar. Medan: Jurnal Penelitian

Bidang Pendidikan, Volume 8 (2):109-116.

Rifani, Akh. (2002). Implementasi Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SLTP

Muhamamadiyah 1 Yogyakarta, [Tesis], Yogyakarta: PPs UNY.

Sagala, Syaiful. (2000). Administrasi Pendidikan Kontempor. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Monang. (2003).Hubungan Pengetahuan Manajemen dan Keefektifan

Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SLTP Negeri di Kota

Medan. [Tesis], Medan: PPs Unimed.

Soemantrie, Hermana. (2004). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.

Sormin, Dimpos Yustinus, dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun

Rencana Pelaksanaan Pelajaran Materi Pelajaran Teori Musik Melalui Supervisi

Akademik Teknik Workshop di SMA Se-Kecamatan Sei Rampah Kabupaten

Serdang Bedagai. Medan: Jurnal Kependidikan dan Kepengawasan, Vol. 3, No.

Oktober 2016:104-124.

Sudanta, I Wayan. (2015). Efektivitas Kegiatan Workshop dalam Meningkatkan

Kemampuan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM): Studi Kasus

pada Gugus Pejeng, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar

/2004. Gianyar: Dharmasmrti, Vol. 13, No. 26, Oktober 2015:75-84

Sulistyorini. (2009). “Peranan Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran”.

Tulungagung: Jurnal Ta’alum, Vol. 19, No. 1, Juni 2009:45-55.

Suprayekti. (2017). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Menyusun

Perangkat Administrasi Akreditasi Melalui Kegiatan Workshop di Dabin III UPT

TK/SD Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2017/2018.

[Laporan Hasil PTS]. http://www.widyasari-press.com id=1242-pen (21

Desember 2017).

Suriadi. (2009). Kontribusi Peran Komite Sekolah, Kemampuan Manajerial, dan

Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Efektivitas

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kabupaten Deli

Serdang. [Tesis]. Medan: PPs Unimed.

Syafaruddin. (2010). Kepemimpinan Pendidikan: Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan

dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Quantum Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i2.6923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: