PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS PROSEDUR MELALUI MEDIA PYRAMID CONCEPT DI KELAS IX-5 SMPN 3 GALANG

Puspa Nurmasyitah

Abstract


Hasil belajar belajar siswa menunjukkan nilai rerata pada kondisi awal
38.18 lalu meningkat menjadi 50.76 pada Siklus I dan mencapai 76.15 pada siklus
II. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan persentase peningkatan di tiap Siklus.
Pada kondisi awal ketuntasan belajar adalah 0%, artinya tidak ada siswa yang
mencapai ketuntasan belajar. Pada Siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat 33%
dan pada Siklus II mencapai 82%. Capaian ketuntasan belajar sudah tercapai dan
melebihi indicator keberhasilan minimal. Aktifitas belajar siswa selama penerapan
media Pyramid Concept juga meningkat. Pada Siklus I, aktifitas belajar siswa adalah
54% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 69%. Peningkatan aktifitas belajar
siswa yang terjadi dari kedua sikus sebanyak 15%. Berdasarkan hasil penelitian ini
dapat dinyatakan bahwa penerapan media Pyramid Concept dapat meningkatkan
keterampilan membaca teks prosedur di kelas IX-5.


Keywords


Hasil belajar belajar siswa menunjukkan nilai rerata pada kondisi awal 38.18 lalu meningkat menjadi 50.76 pada Siklus I dan mencapai 76.15 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan persentase peningkatan di tiap Siklus. Pada kondisi awal ketunt

Full Text:

PDF

References


Fitria, D. A. (2010). Pembaca Hebat Super Cepat. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Gunarso Susilohadi, .. [. (2008). Contextual Teaching and Learning Bahasa Inggris;

Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta:

Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hastuti, R. P. (2010). Efektivitas Penggunaan Media Visual Berbentuk Gambar Untuk

Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP YPAC Surakarta

Tahun Ajaran 2009/2010. Surakarta: UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

Indayani, D. (2010). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menemukan

Gagasan Utama Dalam Teks Bacaan Menggunakan Metode Make A Match

Pada Siswa Kelas II C SMP Negeri 2 Kudus. Semarang: Universitas Negeri

Semarang.

Irdawati, Y. d. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan

Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako

Online Vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614X, 1.

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Klungkung:

Universitas Pendidikan Ganesha.

Suratno, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan

Teknik Scramble Wacana Siswa Kelas IV A SD N Tukangan Yogyakarta.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardiman, Antono, M. B. (2008). English in Focus for Grade IX Junior High School

(SMP/MTs). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Yulianty,

M.

P.

(2016,

April

Selasa).

http://mediapembelajaranyuli.blogspot.co.id/2016/04/media-

pembelajaran-manual-dan-digital.html. Retrieved February Thursday, 2018,

from

http://mediapembelajaranyuli.blogspot.co.id/2016/04/media-

pembelajaran-manual-dan-digital.html:

http://mediapembelajaranyuli.blogspot.co.id/2016/04/mediapembelajaran-manual-dan-digital.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.6915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    



Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: