Exploring ethnomathematics in tradition games: Hopscotch and marbles for generation Z
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, B. T. (2019). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. Kadikma, 10(1), 86–94. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93008
Cahya Sari Putra, E., & Nur Mahmudah, F. (2021). The implementation of ethnomathematics-based learning for students. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 162–169. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4827
Creswell, J. W. (2016). Desain penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi Keempat, Terjemahan oleh Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauzi, L. M. (2022). Buku Ajar Etnomatematika. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika permainan kelereng. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Firnanda, I. L. & Sari, A. D. I. (2018). Penggunaan Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika. Pusaka: Journal of Educational Review, 1(2), 76-83. https://doi.org /10.56773/pjer. v1i2.8
Handayani, S. (2016). Menggapai Permainan Tradisional Anak Indonesia Dalam Perangkat Berbasis Android. Jurnal The Messenger, 8(2), 61-67. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i2.336
Hera, T., & Elvandari, E. (2021). Pengaruh model pembelajaran explicit instruction pada pembelajaran tari daerah sebagai dasar keterampilan menari tradisi. Jurnal Sitakara, 6(1), 40–54. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5286
Kemdikbud RI. (2017). Permainan tradisional anak nusantara. Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id
Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan membiasakannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jakarta: Kencana.
Koa, A. W., & Malessy, A. M. H. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada permainan ingkau di Bengkulu dan identifikasi konsep trigonometri pada sekolah menengah. Jurnal Kependidikan Matematika, 3(1), 95–102. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5286
Lidinillah, D. A. M., Rahman, Wahyudin, & Aryanto, S. (2022). Integrating Sundanese ethnomathematics into mathematics curriculum and teaching: A systematic review from 2013 to 2020. Infinity Journal, 11(1), 33–54. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p33-54
Luqnia, S. E., Zahra, L., Ananda, K. T., & Fahmy, A. F. R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika. ProSandika (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV), 4(1), 553–558. https://doi.org/10.31004/prosandika.v4i1.2288
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(01), 35–44. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/67%0Ahttp://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/12810
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika mengenai pengenalan konsep kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dengan menggunakan media dakon bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304
Nurwansyah, R. (2022). Permainan tradisional Nusantara. Jakarta : Uwais Inspirasi Indonesia.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam permainan tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Rudhito, M. A. (Ed.). (2019). Matematika dalam budaya: Kumpulan kajian etnomatematika. Yogyakarta: Garudhwaca
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Sumarsono, R. N. (2022). Permainan tradisional Nusantara. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan menumbuhkan karakter cinta tanah air pada permainan engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Wahid, A., & Samta, S. R. (2022). Permainan tradisional dakon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini. Sentra Cendekia, 3(2), 61. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2148
Wahyuni, I. (2019). Buku ajar etnomatematika. Jember: Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq.
Yuliana, L., & Zahroh, U. (2024). Etnomatematika Permainan Tradisional Gedrik pada Pembelajaran Matematika di Desa Jabon. AdMathEduSt, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28154
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v13i2.22087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Erika Putri Siregar, Muhammad Nuh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.