PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh penggunaan model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap literasi matematika siswa dalam konteks penyajian data. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan mengadopsi metode pre-eksperimental di mana penilaian dilakukan dengan membandingkan hasil tes awal (pretest) dengan penerapan model PBL, dilanjutkan dengan tes akhir (posttest) untuk menilai kemampuan akhir siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pretes dan posttest yang berkaitan dengan materi penyajian data, serta penilaian respon siswa setelah diterapkannya model PBLuntuk meningkatkan literasi matematika. Rata-rata skor pretest menurut data penelitian sebesar 49,40 dan rata-rata skor posttest sebesar 75,04. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai sig yang menandakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan uji t-test memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian dapat dikatakan hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Rata-rata nilai n-gain yaitu 0,5082 yang berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan model PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika lebih tinggi daripada sebelum menggunakan model PBL.
Abstract
The objective of this research is to evaluate the impact of the problem-based learning (PBL) model on students’ mathematical literacy in the context of data presentation. This research is quantitative in nature and adopts a pre-experimental method where assessment is carried out by comparing the results of the initial test (pretest) with the application of the PBL model, followed by a final test (posttest) to assess students’ final abilities. The instruments used were pretest and posttest questions related to data presentation material, as well as assessing student responses after implementing the PBL model to improve mathematical literacy. According to research data, the average pretest score was 49.40, while the average posttest score was 75.04. Based on data analysis, a sig value of was obtained, which indicates that the data is normally distributed, while the t-test has a sig (2-tailed) value of 0.000. Thus, it can be concluded that the alternative hypothesis (H1) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. The average n-gain value is 0.5082, which is in the medium category. It can be inferred that the average student’s mathematical literacy ability after using the PBL model to improve mathematical literacy skills is higher than before using the PBL model. This research article is expected to provide insights for further research on students’ mathematical literacy abilities.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Agustin, T., & Mayasari, N. (2022). pengaruh model pbl (problem based learning) terhadap kemampuan literasi matematika pada pokok bahasan statistik siswa kelas xi tkr smkn 3 bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2519
Aulia, N., Nurmawati, N., & Andhany, E. (2020). Pengembangan modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di man 3 langkat. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 133. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7822
Endriani, R., & Rakhmawati, F. (2019). Perbedaaan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas x sma. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i2.6335
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14. : https://www.researchgate.net/publication/237457456
Hapsari, T. (2019). Literasi matematis siswa. Euclid, 6(1), 84. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1885
Kenedi, ary kiswanto, & Helsa, Y. (2018). Literasi matematis dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 167. https://www.researchgate.net/publication/323110285
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. http://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5286
Musa, F. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem based learning untuk memacu kemampuan berfikir kritis abad-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3). http://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6119
Musa, F., Musa, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi model pembelajaran problem based learning berbantukan geogebra untuk meningkatkan hasil dan minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2319
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94–103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Novita Sari, D., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam filsafat pendidikan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.957
Pratiwi, D., & Ramdhani, S. (2017). Penerapan model problem based learning (Pbl) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa smk. Jurnal Gammath, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.32528/gammath.v2i2.777
Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of problem-based learning model assisted by e-modules on students’ critical thinking ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410
Sari Nst, H. M., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengaruh kemampuan berpikir kritis, literasi, spasial dan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp kelas viii di medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 820–830. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2234
Sembiring, R. B., & . M. (2013). Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996
Setyo, A. A., Sorong, U. M., & Sorong, S. (2019). Kombinasi model pembelajaran nht dan snowball throwing untuk mengembangkan ketrampilan abad 21 mahasiswa universitas muhammadiyah sorong. Jurnal Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan 8(2), 82–91. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.700
Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2020). Penyelesaian soal cerita siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.654
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan pembelajaran matematika melalui strategi berbasis masalah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.371
Sukmayadi, V., & Yahya, A. H. (2020). Indonesian education landscape and the 21th challenges. Journal of Social Studies Education Research, 11(4), 219–234. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.654
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran model problem based learning (pbl). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i2.17966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Faida Musaad, Nika Fetria Trisnawati, Irna Rusani, Sundari Sundari, Arie Anang Setyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.