PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ALGORITMA PEMROGRAMAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menulis, merancang, dan mengembangkan bahan ajar pada mata kuliah algoritma pemrograman. Produk diharapkan dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai sumber belajar untuk kegiatan perkuliahan pada program studi pendidikan matematika. Studi ini dilakukan dengan metode Research & Development (R&D) untuk menghasilkan produk tertentu melalui proses pengembangan. Subjek pada penelitian ini hanya terbatas pada 6 orang mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Proses pengembangan materi pendidikan yang digunakan menggunakan model 4D meliputi pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan pendistribusian (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Berdasarkan penilaian terhadap produk pengembangan, hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian sebesar 92,10% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa menunjukkan persentase penilaian sebesar 93,75% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan persentase penilaian sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil penyebaran angket respon terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan skor rata-rata 94,58% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar algoritma pemrograman dapat dikategorikan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Abstract
The purpose of this study is to write, design, and develop teaching materials in the programming algorithm module. The product is expected to be used by lecturers and students as a learning resource for lecturing activities in mathematics education study programs. This study was conducted using the Research & Development (R&D) method to produce certain products through a development process. The subjects in this study were limited to six third-semester students of the Mathematics Education Study Program, the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sumatera Utara Medan. The process of developing educational materials follows the 4D model, namely defining, designing, developing, and distributing. The instruments used were expert validation sheets and questionnaires filled out by students. Based on the assessment of product development, the results of validation by material experts show a percentage of 92.10% with a very valid category, validation results by linguists show a percentage of 93.75% with a very valid category, and results of validation by media and design experts learning shows an assessment percentage of 97.5% with a very valid category. Furthermore, the results of distributing response questionnaires to the developed teaching materials show an average score of 94.58% which is considered in the very practical category. Based on the results of this study, it can be concluded that programming algorithm teaching materials can be categorized as very valid and practical for use in learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1). 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Annisah, S. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika materi geometri untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa PGMI IAIN Metro. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1). 39–52. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2491
Ansori, H., Juhairiah, & Amalia, R. (2022). Validitas bahan ajar materi esensi geometri untuk mahasiswa pendidikan matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1). 75–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12063
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kretaif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kreno, 1(2). 71–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Aswardi, Mukhaiyar, R., Elfizon, & Nellitawati. (2019). Pengembangan trainer programable logic gontroller sebagai media pembelajaran di SMK negeri Kota Payakumbuh. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(1). 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.104846
Ferdianto, F., & Setiyani. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). 37–47.
Gazali, R.Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2). 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Kadir, A. (2018). Pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar terhadap kemampuan analisis statistika mahasiswa fitk IAIN Kendari. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1). 1–15. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/828/570
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D.A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2). 311–326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828
Mulyatiningsih, E., & Nuryanto, A. (2014). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurhasanah, A. (2017). Pengembangan bahan ajar pendidikan matematika I untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa PGSD Universitas Kuningan. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2). 67–74. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/7017/4892
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5). 967–974. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik : tinjauan teoritis dan praktik. Jakarta: Kencana.
Rahayu, T.P. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual di sekolah dasar (The development of mathemathics teaching materials based on contextual at primary school). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1). 21–30. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7408
Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan kognitif siswa SMAN I Jambi melalui modul berbasis E-book kvisoft flipbook maker. JSON: Jurnal Sistem Komputer dan Informatika, 1(1). 59–68. https://doi.org/10.30865/json.v1i1.1397
Sakti, H.G. (2016). Pengembangan bahan ajar teknologi informasi dan komunikasi dengan model dick, carey, dan carey (2001) untuk siswa kelas VII Smp Negeri 1 Sakra Timur Lombok Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2). 52–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtp.v1i2.611
Saluky. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis web dengan menggunakan wordpress. EduMa, 5(1). 80–90. https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685.g567
Sinambela, L.P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Jurnal Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4). 579–596. http://journal.unas.ac.id/populis/article/view/347/243
Suniasih, N.W. (2019). Pengembangan bahan ajar neurosains bermuatan pendidikan karakter dengan model inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3). 417–429. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542
Syairi, K.A. (2013). Pengembangan bahan ajar bahasa Arab. Dinamika Ilmu, 13(1). 51–66. https://core.ac.uk/reader/236643220
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. https://www.semanticscholar.org/paper/Instructional-Development-for-Training-Teachers-of Thiagarajan/44a718a0c8e219b37aabb4c36117dcd695c895d0
Wahyuni, Y., Edrizon, E., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pemanfaatan geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). 1120–1130. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1139
Yayuk, E. (2014). Pengembangan bahan ajar pembelajaran matematika untuk mahasiswa PGSD semester 6. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2). 171–182. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p172-182
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.14739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yahfizham Yahfizham, Tanti Jumaisyaroh Siregar, Abdullah Afdhol Richsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.