EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MOODLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DITINJAU DARI KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN SELF-EFFICACY

Nahrun Najib Siregar, Firmansyah Firmansyah, Andi Fajeriani Wyrasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring berbantuan moodle terhadap prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design yang merupakan salah satu jenis desain penelitian dari Quasi Experimental Design. Populasi penelitian merupakan seluruh mahasiswa jurusan pendidikan matematika dan sampel penelitian adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah pembelajaran matematika SD. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kevalidan dan analisis data keefektifan meliputi uji ketuntasan prestasi belajar, uji perbedaan rata-rata prestasi belajar, uji pengaruh karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring berbantuan moodle efektif meningkatkan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari karakter rasa ingin tahu dan self-efficacy dengan kriteria: (1) Proporsi ketuntasan belajar klasikal dapat dikatakan lebih dari 75 % mahasiswa memperoleh nilai 70 atau B , (2) Prestasi belajar mahasiswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran daring berbantuan moodle terintegrasi karakter rasa ingin tahu lebih baik daripada prestasi belajar mahasiswa dengan pembelajaran konvensional, (3)Terdapat pengaruh karakter rasa ingin tahu (X1) dan self-efficacy (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar posttest (Y).

 

Abstract 

This study aims to determine the effectiveness of Moodle-assisted online learning on student learning achievement in terms of curiosity and self-efficacy. The research method used by researchers is quantitative research. The research design used is the Nonequivalent Control Group Design which is a type of research design from Quasi-Experimental Design. The research population is all students majoring in mathematics education and the research sample is students who are designing elementary mathematics learning courses. Data collection techniques consist of written tests, questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques consist of an analysis of validity data and analysis of effectiveness data including complete learning achievement tests, tests of differences in the average learning achievement, and tests of the influence of curiosity and self-efficacy characters on learning achievement. The results showed that Moodle-assisted online learning was effective in increasing student learning achievement in terms of curiosity and self-efficacy with the following criteria: (1) The proportion of classical learning completeness was seen to be more than 75% of students obtaining a score of 70 or B, (2) Learning achievement students in classes using moodle-assisted online learning integrated curiosity was seen better than student achievement with conventional learning, (3) There was an influence of the characters of curiosity (X1) and self-efficacy (X2) on learning achievement post-test (Y).


Keywords


Moodle; Pendidikan karakter; Rasa ingin tahu; Self-efficacy

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adzharuddin, N. A., & Ling, L. H. (2013). Learning management system (LMS) among university students: Does it work? International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(3), 248–252. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2013.v3.233

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan media pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbantuan hands on problem solving untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Prosiding Universitas Yogyakarta, 978–979.

Ayu, N. M. (2022). Media pembelajaran untuk pembelajaran online di masa pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Ibn Khaldun, 11(1), 1–5.

Bandura, A. (1997). Self efficacy : The exercise of control. W. H. Freeman and Company.

Cahyani, D. I., & Mastuti, E. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa perantau pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 789–798.

Cavus, N., & Alhih, M. S. (2014). Learning management systems use in science education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 517–520. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.429

Firmansyah, F., Purwati, P., Siregar, N. N., & Irnandi, I. (2020). Integrasi pendidikan karakter rasa ingin tahu pada pengembangan bahan ajar matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 143–155. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2211

Goyal, E., & Tambe, S. (2015). Effectiveness of moodle-enabled blended learning in private Indian business school teaching niche. The Online Journal of New Horizons in Education, 5(2), 14–22.

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle sebagai media pengelolaan pembelajaran. Kodifikasia, 12(2), 167–183.

Irnandi, I., Wyrasti, A. F., & Firmansyah. (2021). Identifikasi kemampuan mahasiswa dalam penggunaan learning management system (lms) berbasis moodle di universitas Papua. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 6(1), 32–40.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), 300 (2020).

Novelyya, S. (2019). Pengaruh karakter rasa ingin tahu siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ipa fisika di smp negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 174–181. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.291

Putri, G., & Ariana, A. D. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 104–111. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24573

Rahman, H. (2020). Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD kristen Kondo Sapata, Makassar, Indonesia. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 1(1), 13–26.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian pendidikan: Jenis, metode, dan prosedur. Kencana.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan quantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Supriyadi, E., & Juandi, D. (2022). Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring dengan menggunakan LMS moodle selama pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 485–493. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10016

Umek, L., Keržič, D., Tomaževič, N., & Aristovnik, A. (2015). Moodle e-learning system and students’ performance in higher education: The case of public administration programmes. Proceedings of the International Conference on E-Learning 2015, E-LEARNING 2015 - Part of the Multi Conference on Computer Science and Information Systems 2015, 97–104.

Yantoro, Y. (2017). Meningkatkan rasa ingin tahu dengan menggunakan metode pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 90–105. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6820

Yunianti, E., Jaeng, & Mustamin. (2016). Pengaruh model pembelajaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains, 4(1), 8–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nahrun Najib Siregar, Firmansyah Firmansyah, Andi Fajeriani Wyrasti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.