SIGNIFIKANSI HASIL BELAJAR MAHASISWA VOKASI TERHADAP MATA KULIAH MATEMATIKA TEKNIK DENGAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING

Anna Angela Sitinjak, Dimas Frananta Simatupang

Abstract


Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap pendidikan, namun segera diberikan solusi yaitu diberlakukannya pembelajaran daring (dalam jaringan), yang pada awalnya sangat menarik bagi mahasiswa, namun dengan adanya berbagai kendala yang dihadapi membuat masyarakat memiliki dua pandangan yang berbeda yaitu ada yang setuju terhadap metode pembelajaran daring dan ada juga yang menginginkan pembelajaran luring (luar jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa vokasi khususnya mahasiswa politeknik jenjang diploma tiga dengan kedua teknik pembelajaran tersebut dan apakah terjadi perbedaan antara keduanya. Jika terjadi perbedaan, akan dilihat mana yang lebih tinggi hasil belajarnya sehingga dapat dijadikan referensi bagi pemangku jabatan dalam menjawab sistem pendidikan online dapat digunakan atau tidak pada pendidikan vokasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen yang terdiri dari 2 kelompok dengan jumlah mahasiswa setiap kelompok sebanyak 39 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian kemudian dianalisis lebih lanjut dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji-t untuk melihat perbedaan keduanya secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan teknik pembelajaran luring lebih tinggi daripada hasil metode pembelajaran daring, dengan nilai thitung (0,237) > ttabel (0,223). Hal ini dapat disimpulkan bahwa secara statistik terdapat perbedaan antara teknik pembelajaran luring dan daring pada mata kuliah matematika teknik di pendidikan vokasi.

 

Abstract

The Covid-19 pandemic had an impact on education, but a solution was immediately given, namely the implementation of online learning (distance learning), which was initially very attractive to students, but with the various obstacles, the community had two different views, namely, those who prefer online learning methods and those who prefer offline learning (face-to-face classroom). The purpose of this study was to find out the learning outcomes of vocational students, especially polytechnic students in the D3 level (a level three diploma), learning through online and offline classes and whether there are differences between the two ways of learning. If there is a difference, it will be seen which has better learning outcomes so that it can be used as a reference for stakeholders in deciding whether the online education system can be used or not in vocational education. This study follows a quasi-experimental method consisting of 2 groups with a total of 39 students in each group taken using a cluster random sampling technique. The research data were then analyzed further with normality and homogeneity tests. Then a t-test was carried out to see a significant difference between the two. The results of the study show that learning outcomes with offline learning techniques are better than those of online learning methods, with t-count (0.237) > t-table (0.223). It can be concluded that statistically there are differences between offline and online learning techniques in engineering mathematics courses in vocational education.

Keywords


Teknik pembelajaran; Daring; Luring; Hasil belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson, J., & Mccormick, R. (2005). Ten pedagogic principles for E-learning. Observatory for New Technologies and Education, 6–8. https://bit.ly/3NLO3gm

Asarta, C.J., & Schmidt, J.R. (2020). The effects of online and blended experience on outcomes in a blended learning environment. Internet and Higher Education, 44(100708). https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2019.100708

Badriyah, I.R., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M.S. (2021). Analisis model pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3651–3659. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1373

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Givan, B., Wirawan, R., Andriawan, D., Aisyah, N., Asep, A., & Syah Putra, A. (2021). Effect of ease And trustworthiness to use E-Commerce for purchasing goods online. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(2), 277–282. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i2.74

Harahap, R., Daulay, L.A., & Citra, E.C. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Inquiri. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 124. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7208

Kristiono, Z.I., & Mustajab, A. (2021). Dampak pembelajaran luring di masa pandemi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Edueksos: The Journal of Social and Economic Education, 10(2), 284–293.

Mar’aha, N.K., Rusilowatia, A., & Sumarnia, W. (2020). Perubahan proses pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar di tengah pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020 Universitas Negeri Semarang, 445–452.

Nur, Z. (2022). Efektivitas pembelajaran pasca pandemi Covid-19 di MTS Negeri 1 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Educandum, 8(1), 121–128.

Permatasari, D., Jamaliyah, R., Khoirunnisa, E., Masyitoh, S., & Lubis, A. (2022). Curiosity and learning motivation toward self-regulated learning among undergraduate students. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10987

Pratama, R.E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Pulungan, W.A., & Hasibuan, E.K. (2020). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran ekspositori. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(1), 19–25. https://doi.org/10.3082/axiom.v%vi%i.7233

Putra, A. S. (2021). Perbandingan efektivitas sistem pembelajaran online dan offline di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, 304–311. https://mail.prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/611

Putri, D. P. E. (2021). Implementasi pembelajaran daring dan luring saat Pandemi Covid 19. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 111–130. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1326

Ramadhan, A. S. (2021). The difference between offline and online learning during the pandemic at SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 10. https://doi.org/10.21070/icecrs20211178

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D.A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses perubahan pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200

Sari, S. I., Sari, D. F., Suwartini, I., & Dahlan, U. A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring dan luring di SMP Negeri 3 Pleret. Alinea; Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 145–152. https://bit.ly/3Xo1K8G

Schwartz, A.M., Wilson, J.M., Boden, S., Moore, T.J., Bradbury, T.L., & Fletcher, N.D. (2020). Managing resident workforce and education during the COVID-19 pandemic: evolving strategies and lessons learned. JBJS Open Access, 5(2), 1–3. https://doi.org/10.2106/JBJS.OA.20.00045

Siregar, T. J. (2020). Perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran langsung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 188–198. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8078

Wulandari, T., Agrita, T.W., & Hidayatullah, K. (2020). Analisis perbandingan perkuliahan online dan offline terhadap mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Proceeding National Conference: Education, Social, Science, and Humaniora, 2(1), 64–68. https://bit.ly/44cwwTW

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending classes without stopping learning: China’s education emergency management policy in the COVID-19 outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v12i1.11547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anna Angela Sitinjak, Dimas Frananta Simatupang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450

 Indexed by:

          

 

 

 

 

 Creative Commons License

AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.