PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN APLIKASI ANDROID TERHADAP HABITS OF MIND MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran group investigation berbantuan aplikasi android terhadap Habits of Mind matematis mahasiswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini melibatkan mahasiswa prodi pendidikan matematika semester III sebanyak 38 orang pada kelas eksperimen dan 40 orang pada kelas kontrol yang dipilih dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes berupa angket Habits of Mind matematis dalam skala likert pada matakuliah trigonometri. Data dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara Habits of Mind matematis mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation berbantuan aplikasi android dengan Habits of Mind matematis mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung (klasikal). Simpulan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan aplikasi android terhadap sikap Habits of Mind matematis mahasiswa. Dengan demikian, pembelajaran group investigation berbantuan aplikasi android ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi dosen mata kuliah trigonometri dalam meningkatkan sikap Habits of Mind matematis mahasiswa.
Abstract
This study aims to analyze the effect of group investigation learning assisted by Android application on students’ Mathematical Habits of Mind. The study follows a quantitative approach with quasi-experimental research. The research design was implemented by using a pre-test and post-test. The research population includes the students of Mathematics Education at one of the universities in Medan. The sample in this study involved 38 students of the third-semester mathematics education program in the experimental class and 40 students in the control class who were selected by cluster random sampling. The instrument used was a non-test in the form of a mathematical Habits of Mind questionnaire on a Likert scale in the trigonometry module. The results of data analysis show a significant value of so Ho is rejected and Ha is accepted. This means there is a significant difference between the mathematical Habits of Mind of students who were taught with the group investigation learning model assisted by the android application and the mathematical Habits of Mind of students who were taught by direct learning (classical learning method). The study concludes that there is an influence of the group investigation learning model assisted by the android application on the students’ mathematical Habits of Mind attitudes. Therefore, the group investigation learning assisted by this android application can be an alternative for the trigonometry module in improving students’ mathematical Habits of Mind attitudes.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, N. (2018). Meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran grup investigasi (GI) siswa kelas XI SMK Negeri 11 Merangin. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 40–51.
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis android pada materi program linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1357
Ardiana, N. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Education And Development, 5(2), 33–38. https://doi.org/10.37081/ed.v5i2.397
Arends, R. L. (2012). Learning to teach (9 ed.). McGraw-Hill Company.
Arifah, N., Asikin, M., & Dwijanto. (2021). Students’ mathematics creative thinking skills reviewed by habits of mind on probing-prompting learning with open-ended approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 11(1), 42–47.
Chotimah, U., & Nurdiansyah, E. (2017). Meningkatkan high order thinking skills mahasiswa semester III PPKn dalam pembelajaran Psikologi Sosial melalui penerapan metode six thinking hats. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 63–74. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14563
Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 58, 197–202.
Firdayati, U., Darwan, D., & Kusmanto, H. (2021). Android-based media development in mathematics lessons. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 10(1), 49–59. https://doi.org/10.24235/eduma.v10i1.8138
Handayani, A. D. (2015). Mathematical habits of mind: Urgensi dan penerapannya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 223–230.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79
Karmilawati, A., & Rahmi, A. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIPA. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.22202/jrfes.2019.v6i1.3464
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kusmawan, W., Turmudi, T., Juandi, D., & Sugilar, H. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah. Jurnal Analisa, 4(1), 188–198. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2839
Miliyawati, B. (2014). Urgensi strategi disposition habits of mind matematis. Infinity Journal, 3(2), 174–188.
Nopriana, T. (2012). Model group investigation dan kemampuan komunikasi matematik dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Cirebon. Pasundan Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–19.
Pranata, E. (2016). Implementasi model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34–38. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Priyatin, K. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan percaya diri siswa SMP Negeri 2 Rembang. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 15–22. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7357
Putra, Z. W., & Sujatmiko, B. (2020). Studi literatur pengaruh pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal IT-Edu (Information Technology and Education), 5(1), 489–496. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146
Qurohman, M. T., Sungkar, M. S., & Abidin, T. (2019). Development of mathematics learning application based on android. Jurnal Pedagogik, 6(2), 475–513.
Ramadani, & Ritonga, M. W. (2020). Analisis penerapan habits of mind matematis pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Bilah Barat. Al Khawarizmi, 1(2), 1–5. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/download/216/161
Rosita, C. D. (2015). Efektivitas model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada materi ruang vektor. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–10.
Saraswati, A. M., & Saefudin, A. A. (2017). Penerapan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran matematika pada materi himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 89–99. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.869
Suasti, Y. (2013). Pengembangan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran geografi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNP, 2(2), 44–65.
Sulistiani, I. (2017). The direct learning model in mathematics: Investigating the effect of student’s perception on learning outcomes. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(10), 1734–1737. https://www.ijsr.net/archive/v6i10/16101704.pdf
Suprianto, T., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan model pembelajaran group investigation berbantuan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 72–85. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2583
Yandari, I. A. V., Supartini, S., Pamungkas, A. S., & Khaerunnisa, E. (2019). The role of habits of mind (HOM) on student’s mathematical problem solving skills of primary school. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.4018
Yuliardi, R., Juandi, D., Maizora, S., & Mahpudin, A. (2021). Analysis of the impact of android applications-based mathematics learning on increasing students’ mathematical representation skills. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(1), 178–188. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tanti Jumaisyaroh Siregar, Rusi Ulfa Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.