PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(4), 145-150.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 85-96.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, 10(1), 49-56.
Barnawi dan Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat, 2(2), 241-254.
Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Belajar PowToon pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Terhadap Hasil Sosial Terpadu. Edutcehnologia, 3(2), 101-114.
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 3(2), 44-51.
Hendi, A., Caswita, & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823-834.
Jayadipura, Y. (2014). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 125-130.
Kazempour, E. (2013). The Effects of Inquiry-Based Teaching on Critical Thinking of Students. Journal of Social, Issues & Humanities, 1(3), 23-27.
Kivunja, C. (2015). Teaching Students to Learn and to Work Well with 21 Century Skills: Unpacking the Career and Life Skills Domain of the New Learning Paradigm. Internasional Journal of Higher Education, 4(1), 1-11.
Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Makki, B. (2012). The Impact of Integration of Instructional Systems Technology into Research and Educational Technology. Creative Education, 3(2), 275-280.
Melinda, A. V., Degeng, S. N., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada kelas V SDNU Kratonkencong. Journal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158-164.
Mirawati, N., Balkist, P. S., & Setiani, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Powtoon dan Movavi Video Editor Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 94-100.
Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116.
Nugroho.(2020). Pengembangan Produk Bermedia Powtoon Untuk Materi Cerita Pendek Kelas XI MIPA 2 SMA Pangudi luhur Sedayu. Tesis. Sanata Dharma University
Nurdin, dkk. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.
Nurdwiandari, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dan Kemampuan Diri Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 1005-1014.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158.
Oktaviana, D., & Susiaty, U.D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 4(3).
Purwati. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, 7(1).
Siregar, N. P., & Andhany, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Realistics Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 11 Medan. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(1), 99-106.
Somakim. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, 14(1), 42-48.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Widiantari, N. K. M. P., Suarjana, I. M., Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rahman Haryadi, Iwit Prihatin, Dwi Oktaviana, Herminovita Herminovita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.