INOVASI ORANG TUA DALAM MEMPERKENALKAN ANGKA MENGGUNAKAN SISTEM BLENDED LEARNING KEPADA ANAK USIA DINI
Abstract
Dunia pendidikan dihadapkan pada satu fenomena di mana pembelajaran harus beradaptasi dengan keadaan. Metode pembelajaran jarak jauh (daring) menjadi satu pilihan yang harus dijalankan oleh semua jenjang pendidikan, tidak terkecuali pendidikan terhadap anak usia dini. Gadget yang berfungsi sebagai alat komunikasi dipilih sebagai solusi terbaik dalam pembelajaran daring. Namun di balik itu, terdapat ancaman serius yang akan dihadapi anak usia dini, pada khususnya belajar mengenal angka. Anak terlihat sulit berkonsentrasi karena keterbatasan jarak, perhatian dan sentuhan guru. Blended learning akhirnya dipilih untuk menjadi solusi permasalahan tersebut. Pada sistem blended learning, orang tua diberi ruang yang luas untuk berinovasi mendampingi anak ketika belajar mengenal angka. Orang tua di TK Islam Terpadu (IT) Al Washliyah Klambir Lima telah menerapkan blended learning dengan bantuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi orang tua ketika memperkenalkan angka dengan sistem blended learning pada anak dengan rentang usia 5-6 tahun di TK IT Al Washliyah Klambir Lima. Metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan jenis natural observation dipilih agar dapat dilakukan pengamatan alami dengan mengamati pelaksanaan kegiatan di sekolah dan di rumah yang dilakukan orang tua, anak, dan guru. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi orang tua pada pengenalan angka dengan sistem blended learning perlu dilakukan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran anak usia dini. Melalui pendampingan orang tua, setiap tahapan perencanaan lebih efektif dan guru sangat terbantu menjalankan strategi blended learning hingga memberikan pengalaman berharga bagi anak ketika daring dan disempurnakan pada kegiatan luring.
Abstract
The world of education is experiencing a phenomenon where learning must adapt to certain circumstances. The distance learning method (online) is an option that should be carried out at all levels of education, including early childhood education. Gadgets that function as communication tools were considered the best solution in online learning. However, a serious threat might be faced by students in early childhood, especially in learning to recognize numbers. Children might experience difficulties due to distance learning, limited attention, and teachers' presence. Blended learning is thought to be a solution to such problems. In blended learning, parents can accompany children to recognize numbers. Parents whose children studying at the Integrated Islamic Kindergarten (TK IT) Al Washliyah in Klambir Lima have implemented blended learning with the help of teachers. This study aims to find the innovations of parents when introducing numbers through a blended learning system to children aged 5-6 years old in TK IT Al Washliyah in Klambir Lima. The descriptive qualitative approach with the natural observation method was chosen to observe the implementation of activities at school and home by parents, children, and teachers. Data were obtained through interviews, observation, and documentation. The research subjects include parents and teachers. The results show that parents' innovation in assisting children to learn about numbers through a blended learning system can become a solution to meet the learning needs of early childhood education. Through parental assistance, each planning stage is more effective and teachers are greatly assisted in carrying out blended learning strategies to provide valuable experiences for children both in online and offline activities.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arum Sekar Sari, W. (2021). Pentingnya Sains dan Peran Orangtua dalam Pengajaran Sains kepada Anak di Rumah. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–66. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1572
Dini, U., & Pandemi, M. (2021). Implementasi Blended Learning pada Pendidikan Karakter Anak. 5, 5463–5469.
Fuller, C. (2020). Education Innovation Clusters: Supporting transformative teaching and learning. Childhood Education, 96(1), 34–47. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1707534
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769
Nisa, L. C. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2), 91. https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.651
Nurbaiti, N., & Yaswinda, Y. (2021). Hubungan Pembelajaran Sains dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Anakku Sayang Kecamatan X Koto Singkarak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1795–1802.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Rakhmawati, N. I. S., Hasibuan, R., & Lutfiyah, E. (2019). Study of Domino Number Game Development for Early Children’s Ability to Recognize Numbers. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.263
Riinawati. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.
Sholihatun, S., Utanto, Y., & ... (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar ….
Ulfa, M., & Husnannisa, W. (2021). Penerapan Pembelajaran Blanded Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif: Meta Analisis. … Penelitian Pendidikan Dan …, 413–426.
Widyawati. (2019). Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Ya Bunayya, 1(1), 16–28.
Zaenuri, & Prastowo, A. (2021). Peran Guru dalam Perencanaan Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Meeting di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Masganti Sit, Dinul Akbar Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2087-8249 | e-ISSN: 2580-0450
Indexed by:
AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.