Pembelajaran Tahfiz Alquran di SDIT An Najah Deli Serdang
Abstract
Abstrak
Pembelajaran tahfiz Alquran merupakan bagian integral dalam pendidikan Islam yang bertujuan untuk mencetak generasi yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga memiliki kecintaan terhadap Alquran dan mampu menghafalnya dengan baik. SDIT An Najah Deli Serdang merupakan salah satu sekolah yang mengimplementasikan pembelajaran tahfiz dengan pendekatan sistematis yang mengintegrasikan metode talaqqi, tikrar, dan murajaah dalam kurikulum pendidikan formal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisis implementasi pembelajaran tahfiz di SDIT An Najah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program tahfiz sangat dipengaruhi oleh metode pengajaran, motivasi peserta didik, peran guru, serta dukungan orang tua. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu, kurangnya motivasi siswa, keterbatasan tenaga pengajar yang kompeten, serta faktor lingkungan yang kurang kondusif.
Untuk mengatasi kendala tersebut, SDIT An Najah menerapkan berbagai strategi, seperti penyesuaian jadwal pembelajaran, peningkatan kompetensi guru, penggunaan teknologi dalam tahfiz, serta penguatan keterlibatan orang tua dalam mendukung hafalan anak. Pembelajaran tahfiz di SDIT An Najah memberikan dampak positif yang signifikan bagi peserta didik, baik dari segi spiritual, akademik, sosial, maupun pembentukan karakter. Dengan pendekatan yang komprehensif, program ini diharapkan dapat mencetak generasi penghafal Alquran yang memiliki pemahaman dan pengamalan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Tahfiz Alquran, Pembelajaran, SDIT, Strategi, Hafalan.
Full Text:
PDFReferences
Adam Mudinillah, A. P. (2021). Metode Pembelajaran TahfizAl-Quran di PKBM Markazul Qur’an Sumatera Barat. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, Vol, 7, No. 2, 100-112.
Artati,Yeni Mutiawati,Hamdi Yusliani,Mardhatillah. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DI SDIT HAFIZUL ILMI. Prosiding Seminar NasionalBangkitkan Pendidikan, Teknologi, dan Kesehatan Lebih Cepat, untuk Indonesia Lebih Kuat (hal. 309-324). Banda Aceh: Universitas Bina Bangsa Getsempena.
Azmil Hashim, Misnan Jemali, Ab. Halim Tamuri, Mohd Aderi Che Noh. (2014). HUBUNGAN ANTARA ADAB-ADAB PEMBELAJARAN TAHFIZ DAN PENCAPAIAN HAFAZAN PELAJAR. The Online Journal of Islamic Education, Vol. 2, No.2, 73-82.
Hendra SH,Lilis Darmila,Sabarita Banurea. (2024). Rumah Tahfidz: Pembentukan Sistem Pembelajaran Islam Berbasis Hafalan dan Dampak Psikologis pada Anak Didik. ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru Vol. 1, No. 2, 78-87.
Khairun Nisa, Siti Patimah, Andi Warisno, Nurul Hidayati Murtafiah. (2024). Implementasi Manajemen KepemimpinanKepala Sekolah dalamMeningkatkan Kualitas Pendidikan. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan StudiIslam, Vol. 5, No. 1, 121-128.
Miftahul Khairi, N. M. (2024). PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL HABIBBURRAHMAN ALAHAN ANGGANG KABUPATEN AGAM. Anwarul: Jurnal Pendidikan dan Dakwah Vol. 4, No. 1 , 139-147.
Nita Erviana, Cipto Handoko, M. Yasin, Ari Supadi. (2023). KEPEMIMPINANKETUAYAYASANBERDASARKANKECERDASAN EMOSIONAL(EQ)DILEMBAGAPENDIDIKANSDITTRESNAASIHKECAMATAN SUKABUMI. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, Vol. 2, No. 3, 757-765.
oto Alwi, Kms Badaruddin, Febriyanti. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur`An Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 3, 756-766.
Rahmat Solihin. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TAHFIDZAL-QURAN DISEKOLAH DASAR. Jurnal Asy-Syukriyyah Vol. 21, No. 2, 154-163.
Wahyuni Ramadhani, Wedra Aprison. (2022). Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 2, 123-137.
Yaya Suryana, Dian, Siti Nuraeni. (2018). MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN. Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol.. 3, No. 2, 220-230.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v10i2.23536
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.