STUDI KOMPARATIF METODE IQRO DAN AL-HIRA: KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD SWASTA ISLAM NUR IHSAN MEDAN DAN SD SWASTA MARDLIATUL ISLAMIYAH 2 MEDAN

Yazid Hafiz Nasution, Nur Aisyah Simamora, Fitriani .

Abstract


Abstrak  

Tulisan ini bertujuan untuk membandingkan metode Iqro’ dan metode Al-Hira’ dalam kemampuan membaca AL-Qur’an siswa. Peran kedua metode ini perlu dikaji dan diteliti untuk mengetahui sejauh mana kontribusi keduanya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Faktor inilah yang membuat peneliti terpanggil untuk mengkaji kedua metode ini. Penelitian ini terfokus kepada kontribusi metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Swasta Islam Nur Ihsan dan kontribusi metode Al-Hira’ di SD Swasta Mardliatul Islamiyah 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, komparatif dan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, Metode Iqro’ dan Metode Al-Hira’ telah memberi kontribusi yang positif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Swasta Islam Nur Ihsan dan SD swasta Mardliatul Islamiyah. Namun kelebihan dan kekurangan kedua metode ini menjadi bahan pertimbangan kepada guru-guru Al-Qur’an dalam memilih metode yang lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci: Komparasi, Metode Iqro, Metode AL-Hira, SD Swasta Islam Nur Ihsan Medan & SD Swasta Mardliatul Islamiyah 2 Medan


Full Text:

PDF

References


‘Abd al-Bāqī, Fuad. 1982. Al Mu’jam al-Mufahras li Alfaz Al-Qur’an al-Karim. Istanbul. al- Maktab al-Islamiyah.

Abdurrahman An-Nahlawi. 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam.Bandung. CV Diponegoro.

Aboebakar. 1957. Sejaraj Hidup K.H.A. Wahid Hakim dan Karangan Tafsir. Jakarta. Pantia Buku.

Aboebakar Atjeh. 1992. Pengantar Ilmu Tarekat (Huraian Tentang Mistik. Solo. Ramadhan.

Abū Zahrah, Muhammad. t.th . Khatam an-Nabiyyin. Jil.II . Beirut. al-Maktabah al-‘Asriyyah.

Ahmad Zayadi, et.al. 2023. Buku Pedoman Musabaqah Al-Qur’an dan al-Hadits. Jakarta. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Akhlanudin Uhamka, Gema Uhamka, “As’ad Humam Kiai Lengendaris Muhammadiyah Penemu Metode Iqra’”, 2 Desember 2021.

Bejo. (2016). Penerapan Metode Iqro’ Braille dalam Pembelajaran Membaca Huruf Al-Qur’an bagi Siswa Tunanetra Islam. Widia Ortodidaktika, 5(1), 7-8.

Cholid Ma’arif. (2017). Kajian Al-Qur’an di Indonesia: Telaah Histori. Qof, 1(2), 119-121.

Heni Purwono. (2015, Juni 24). K.H. As’ad Humam, Pahlawan Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an. Kompasiana. Retrieved from https://www.kompasiana.com

Muhammad Roihan Nasution. ( 2018). Metode Al-Hira’ dan Perannya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Ruth Meliana. (2024, Maret 17). Biodata dan Profil K.H. As’ad Humam: Guru Ngaji Indonesia Jadi Pahlawan Dunia, Intip Kisah Hidupnya. Suara.com. Retrieved from https://www.suara.com

Verelladevanka Adryamarthanino & Widya Lestari Ningsih. (2021, Desember 3). Biografi As’ad Humam, Penemu Iqro’. Kompas.com. Retrieved from https://www.kompas.com

Wawancara

Wawancara. (2024) Ihwana Tanjung

Wawancara. (2024) Irham Jami’a Hasibuan

Wawancara. (2024) Muhammad Roihan Nasution

Wawancara. (2024) Etti Suriani Pakpahan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v10i2.23533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.