MENGUPAS NILAI KESABARAN HATI DARI KISAH NABI YUSUF DALAM AL- QUR'AN Fachri Naldi Abdillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Fachri Naldi Abdillah, Alex Conery Lubis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi nilai kesabaran hati dalam kisah Nabi Yusuf sebagaimana tercantum dalam Surah Yusuf, dengan fokus pada relevansinya dalam konteks kehidupan modern. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode tafsir tematik, analisis naratif, dan pendekatan psikologi Islam untuk menganalisis nilai-nilai kesabaran dalam menghadapi pengkhianatan, fitnah, dan keberhasilan. Data utama berupa ayat-ayat Surah Yusuf (ayat 4–100) dilengkapi dengan literatur tafsir klasik dan modern, serta kajian tentang psikologi Islam dan moral Qur'anic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesabaran Yusuf tidak hanya sebagai bentuk ketabahan dalam menghadapi ujian, tetapi juga sebagai strategi aktif yang mencakup pengendalian diri, pengampunan, dan ketahanan emosional. Nilai-nilai ini relevan untuk diterapkan dalam manajemen konflik, pengembangan karakter, dan pendidikan moral. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai Qur'ani dalam pendidikan formal dan informal untuk membangun generasi yang bermoral dan resilien. Penelitian ini berkontribusi pada pengayaan studi moral Qur'anic dan psikologi Islam dengan menawarkan model praktis penerapan nilai kesabaran dalam kehidupan kontemporer. Kesimpulan ini


membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam aplikasi nilai-nilai Qur'ani di berbagai bidang, termasuk pendidikan dan psikologi.

Kata Kunci: Kesabaran; Nabi Yusuf; Surah Yusuf; Pendidikan Karakter; Psikologi Islam.

 


Full Text:

PDF

References


Referensi

Ampuno, S. (2020). Perilaku asertif generasi milenial dalam perspektif psikologi islam. Jiva Journal of Behavior and Mental Health, 1(1). https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1163

Andani, K. (2023). Urgensi psikologi pendidikan perspektif al-qur'an dan sosial. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 32-38. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2120

Andriono, A. (2020). Kajian kepemimpinan nabi yusuf dalam kitab tafsir al-azhar. alkarima, 2(2), 36. https://doi.org/10.58438/alkarima.v2i2.89

Aniqoh, W., Ulfatin, N., & Sunarni, S. (2021). Manajamen pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler kitab kuning. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 6(7), 1134. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14935

Anisa, A. and Wibawa, S. (2021). Hermeneutika nilai moral jawa dalam naskah tashrihah al- muhtaaj dan relevansinya dalam pendidikan/the hermeneutic of javanese moral values in tashrihah al-muhtaaj manuscript and their relevance in education. Aksara, 33(1), 57. https://doi.org/10.29255/aksara.v33i1.491.57-70

Anjani, N., Benty, D., & Gunawan, I. (2022). Pendidikan karakter aspek nilai kejujuran pada satuan pendidikan menengah. Jurnal Pembelajaran Bimbingan Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 354-367. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p354-367

Aprilianti, E. (2024). Integrating islamic psychological principles in enhancing students' academic resilience. Nusant. J. Behav. and. Soc. Sci, 3(2), 63-72. https://doi.org/10.47679/202246

Aprily, N. (2020). Implementasi pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah swasta (mis) az- zahra kota bandung. Dialog, 43(1), 33-48. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.341

Aprily, N., Rizqi, A., & Purwati, P. (2021). Cageur bageur bener pinter singer: filosofi pengasuhan sunda dalam pendidikan karakter di raudhatul athfal (ra). Jiv-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 11-24. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.2

Asyari, N. (2022). Pembentukan karakter sosial melalui kisah dalam al-qur’an. Asanka Journal of Social Science and Education, 3(2). https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.4278

Azharotunnafi, A. (2020). Penanaman karakter berbasis nilai keagamaan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Socius, 9(2), 115.

https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8763

Budiman, N. (2024). The effectiveness of socratic dialogue counseling in developing a peaceful culture based on quranic values among students in schools., 143-150.

https://doi.org/10.2991/978-2-38476-240-8_13

Dalimunthe, A. (2024). Challenging the sacred: the law of doubting the authenticity of the quran in the perspective of the fatwa of the indonesian ulema council. Pharos Journal of Theology, (105(2)). https://doi.org/10.46222/pharosjot.105.211

Dewi, R. (2022). Implementasi pendidikan karakter siswa melalui program boarding school di madrasah tsanawiyah darun najah payabenua. ALQ, 2(1), 125-143.

https://doi.org/10.32923/aq.v2i1.1051

Marzuni, R. and Romelah, R. (2023). Implementasi pendidikan karakter dalam pendidikan agama islam di sma negeri 1 pulau tiga-natuna. Research and Development Journal of Education, 9(1), 61. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13881

Mildaeni, I. and Herdian, H. (2021). Kebahagiaan pada pendakwah muslim. Psycho Idea, 19(2), 221. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i2.11137

Mohammadi, M., Sheikhasadi, H., Mahani, S., Taheri, A., Sheikhbardsiri, H., & Abdi, K. (2021). The effect of bio ethical principles education on ethical attitude of prehospital paramedic personnel. Journal of Education and Health Promotion, 10(1), 289. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_708_20

Muhammad, D., Deasari, A., & Dirgayunita, A. (2021). Pendidikan anak usia dini berbasis psikologi islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al- ilmi.v4i1.821

Musling, M. and Ismail, M. (2021). Universal social moral values in sh?hid of quranic syntax: nominal and verbal sentences. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(12). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i12/11816

Musling, M., Ismail, M., & Jaffar, M. (2022). The graciousness, tolerance and affection in al- quran through a value-based arabic syntax. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(12). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i12/16054

Mustapa, M. (2024). Penggunaan teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran al-quran: tinjauan terhadap aspek etika dan kesannya dalam pembentukan nilai moral. jpi, 17(1), 1-6. https://doi.org/10.53840/jpi.v17i1.254

Nurjanah, A. (2023). Psikologi kepribadian dalam perspektif islam. aksioreligia, 1(2), 61-66. https://doi.org/10.59996/aksioreligia.v1i2.255

Prasetyo, Y., Melizza, N., Masruroh, N., & Faridi, F. (2023). The influence of religious coping on family resilience in family interactions during the covid-19 pandemic. Jurnal Aisyah Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 483-490. https://doi.org/10.30604/jika.v8i1.1657

Shakanti, V. (2023). Prinsip perkawinan islam ditinjau dari perspektif psikologi. Jurnal Kajian Ilmiah, 23(1), 95-106. https://doi.org/10.31599/jki.v23i1.1694

Sholihah, A. and Maulida, W. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 12(01), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Soheili, A., Powers, K., Mohebbi, I., Moghbeli, G., & Hosseingolipour, K. (2021). Level of resilience in nurses working at covid‐19 referral centers in iran. Nursing Forum, 57(3), 344-351. https://doi.org/10.1111/nuf.12685

Ulum, B. and Amalih, I. (2021). Makna sabar dalam al-qur’an (study komparasi atas kisah nabi yusuf dan nabi ayyub dalam tafsir al-misbah). El-Waroqoh Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 5(1). https://doi.org/10.28944/el-waroqoh.v5i1.272

Vasilaki, M. (2023). Fatigue among patients with type 2 diabetes mellitus: the impact of spirituality and illness perceptions. Healthcare, 11(24), 3154. https://doi.org/10.3390/healthcare11243154

Wahyudin, W., Rujito, L., Muntafiah, A., & Hidayah, A. (2023). Islamic spiritual education through visiting patient app for brain tumor patients. Comprehensive Health Care, 7(1), 60-68. https://doi.org/10.37362/jch.v7i1.976

Yenti, L. (2023). Five programs to improve student’s understanding of religious teaching at islamic educational institutions. JIE, 2(3), 97-103. https://doi.org/10.58485/jie.v2i3.197

Zaman, R. (2023). Parameter orientasi tafsiran al-quran dalam pembangunan psikoterapi abad ke-21. jpi, 16(2), 191-206. https://doi.org/10.53840/jpi.v16i2.298

Zaman, R., Rashid, A., Nawi, N., & Saleh, M. (2022). Model of recovery approaches for obsessive-compulsive disorder from the quranic verses. Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences, 18(s19), 99-104. https://doi.org/10.47836/mjmhs.18.s19.16

Zarkasi, A. and Munafiah, N. (2022). Psikologi perkembangan peserta didik dalam perspektif islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(02). https://doi.org/10.35706/wkip.v6i02.8881




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/al-i'jaz.v8i1.23440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.