Animasi 3D Media Interaktif Pengenalan Tata Surya Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Dimas Sayuti, Arief Budiman

Abstract


Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang,
memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas
dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga
sangat diperlukan bagi siswa SMP, dikarenakan dalam pembelajaran SMP lebih mengutamakan
praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan
pembelajaran, efektif, mudah diperoleh, peserta didik, penggunaan, tidak kaku, biaya, dan kualitas.
Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran
dengan menggunakan Augmented Reality. Dalam hal ini akan membahas perancangan sistem yang
akan di bangun secara terperinci, pada sistem augmented reality pada tata surya terdapat menu menu seperti menu mulai, informasi, profil pengembang dan keluar, metode yang digunakan seperti
metode Marker Based Tracking dan Markless AR. Sedangkan model pengembangan yang
digunakan adalah metode Waterfall yang terdiri dari lima fase yaitu analysis, design, implementasi,
testing dan maintenance.
Kata kunci: pembelajaran,media,pengembangan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v5i1.9204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing:

    

 

 

Creative Commons License

Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.