Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Sparkol Dengan Menggunakan Media Internet Dalam Pembelajaran Matematika SMP Negeri 1 dan 2 Kecamatan Tanah Jawa
Abstract
Keberadaan internet dan segala fasilitas yang ada dapat memberikan pengetahuan baru ataupun menelusuri bahan ajar bagi guru sehingga internet sebagai media pembelajaran yang lebih mudah dan dapat memperkaya wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan video sparkol sebagai sumber belajar bagi Guru matematika SMP Negeri Kecamatan Tanah Jawa. Media pembelajaran internet berbasis video sparkol dibuat dengan aplikasi videoscribe, sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian bermaksud mengembangkan media pembelajaran yang dapat diakses secara bebas di Internet. Model pembelajaran internet berbasis video sparkol yang digunakan adalah videoscribe yang bersifat terbuka dan massal. Kurikulum pembelajaran juga menyediakan seperangkat alat pembelajaran meliputi, berbagai soal, kuis, dan bentuk- bentuk penugasan. Langkah-langkah pelaksanaan penelitian mengikuti pola umum penelitian ilmiah dengan pendekatan berorientasi obyek dengan tahapan identification (identifikasi), analysis (analisis), design (perancangan), coding (pemrograman) dan testing (pengujian). Penelitian ini menghasilkan luaran yang ditargetkan pada hasil penelitian ini adalah berupa artikel yang akan dipublikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi. Artikel ini juga bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan ke depannya terutama dalam menemukan aturan asosiasi antar indikator pencapaian standar kompetensi yang diujikan pada mata pelajaran matematika.
Kata Kunci : Internet, Media Pembelajaran, Sparkol, Video Scribe
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v4i2.8523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
|
Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.