Perancangan Intelligent Tutoring System Sebagai Upaya Inovatif Pada Pembelajaran Algoritma dan Struktur Data
Abstract
Perkembangan teknologi komputer dan informasi ikut serta dalam membantu perkembangan dan memberikan solusi permasalahan di bidang lainnya, salah satunya di bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, salah satu permasalahan yang diperhatikan adalah dalam hal pembelajaran. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda untuk memahami suatu materi yang diampuhnya. Salah satunya pada mata kuliah Algoritma dan Struktur data. Yang mana mata kuliah ini adalah salah satu materi dasar yang harus dipahami untuk mahasiswa fakultas teknik dan komputer. Didalam pelajaran Algoritma dan Struktur Data memiliki berbagai macam materi dasar pemrograman yang harus dipahami dengan jumlah pertemuan kuliah yang terbatas. Hal tersebut merupakan hambatan bagi para pengajar untuk menyampaikan seluruh materi berdasarkan kemampuan dan pemahaman peserta didiknya. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah pembelajaran yang mampu membantu para peserta didik untuk belajar mandiri dengan efektif. Perkembangan IPTEK salah satu media komputer yang dimanfaatkan dalam pembelajaran saat ini. Karena media komputer sangat memberikan dampak positif bagi peserta didik yang ingin belajar mandiri. Intelligent Tutoring System (ITS) adalah suatu program aplikasi interaktif yang menerapkan metode dalam kecerdasan buatan yang dapat digunakan sebagai media penyampai informasi maupun sebagai media evaluasi dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran, Intelligent Tutoring System, Algoritma dan Struktur Data
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/algoritma.v4i2.8515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing:
|
Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.