Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Asrullah dan Amri (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek. 5(1), 87-102.
Azizah, D. M. (2013). Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Metode Sosiodrama : Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and aplication. 2(3), 58-65.
Blatner, A. (2009). Role Playing in Education, diakses 27 Februari 2019, dari http://www.blatner.com/rlplayedu.
Dove Girl Beauty Confidence Report. (2017). Girls and Beauty Confdence: The Global Report, diakses 26 November 2019, dari https://www.unilever.com/Images/dove-girls-beauty-confidence-report infographic_tcm244-511240_en.pdf.
Endriani, A. (2016). Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kepercayaan Diri Siswa MA Nurul Ishlah NW Beleka Kabupaten Lombok Tengah : Jurnal Dinamika Teknologi Pendidikan.1(1), 77-87.
Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan : perkembangan peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.
Ghufron. M. & Risnawita, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung : PT Refika Aditama.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107–113.
Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Pronoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara : Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 100-111.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Erlangga. Jakarta.
Sternberg, P. & Garcia, A. (2000). Sociodrama: Who’s in your shoes?. London: Praeger.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Laboratorium (Percontohan) UPI Bandung Tahun Ajaran 2010/2011).Jurnal.upi.ed ABMAS, 1 ,127–138.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan : konsep & aplikasi SPSS/LISREL dalam penelitian pendidikan, psikologi dan ilmu sosial lainnya. Jakarta : PT Gramedia.
Winarlin, R. (2016). Efektivitas Metode Sosiodrama melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 68-73.
Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v7i1.7186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Al - Halik, Nurwahyuni - Rakasiwi
Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :
Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.