Hubungan Antara Dukungan Keluarga dan Peer Group Support Terhadap Pemilihan Sekolah Menengah Atas dan Sederajat pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Aswidi Wijaya Cipta, Ramtia Darma Putri, Asriany Asriany

Abstract


Masa remaja merupakan masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang mengandung perubahan besar baik fisik, kognitif, dan psikososial yang saling bertautan dalam semua ranah perkembangan. Sebagai remaja, peserta didik pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sudah sewajarnya memiliki berbagai macam keinginan dan cita-cita setelah lulus. Mereka dihadapkan pada berbagai alternatif pilihan yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi program yang harus ditempuh selanjutnya setelah menyelesaikan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan peer group support dengan pemilihan sekolah menengah atas sederajatpada peserta didik SMP Negeri di kabupaten Luwu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Instrumen (alat ukur) dalam penelitian ini adalah kuesioner yang merupakan hasil pengembangan dari teori dan disusun pada operasionalisasi konsep. Pertanyaan dalam kuesioner menggunakan skala likert. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel sebanyak 60 orang yang akan diambil dari 6 (enam) sekolah menengah pertama negeri. Data tersebut diolah dan dianalisa sesuai dengan yang diperlukan. Prinsip dasarnya adalah menggunakan analisis stastistik karena data yang dapatkan berjumlah besar dan dapat diklasifikasikan dalam berbagai kategori yang ditentukan. Analisis statistik yang digunakan adalah statistik inferensial karena tujuan dari penelitian ini adalah melihat apakah ada hubungan korelasi antar variabel. Oleh karena itu dilakukan uji hipotesis dan uji korelasi antar variabel. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5 %.


Keywords


Dukungan Keluarga, Peer Group Support, Pemilihan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bernal, A., Urpí, C., Sonia , S., & R., R. (2011). Social Values and Authority in Education: Collaboration between School and Families. Aurora Bernal, Carmen Urpí, Sonia Rivas, Rosario Repáraz, Social Values and Authority in EducInternational Journal about Parents in Education, 134.

Bursal, M. (2017). Academic Achievement and Perceived Peer Support among Turkish Students: Gender and Preschool Education Impact. Murat BURSAL, Academic Achievement and Perceived Peer Support among Turkish Students:International Electronic Journal of Elementary Education, 599-612.

Chairunnissa, A. S. (2010). Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Ati Sumiati Chairunnissa, Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada FakulJurnal Ekonomi & Pendidikan, 107.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dharmayanti, W. (2014). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa SMP Masuk SMK di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 406.

Ghozaly, L. F. (2011). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya dan Media Massa Terhadap Keterampilan Sosial Atlet Muda di SMA Negeri Ragunan Jakarta. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Hidajat, M. (2015). Dampak Media Sosial Dalam Cyber Bullying. ComTech, 80.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maryati, S. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2012). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kenanga.

Rochnaningsih, N. S. (2014). Dampak Pergeseran Peran dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 61.

Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Steinberg. (2001). Adolescence. New York: Mc Graw Hill Higher Education.

Sung, M., & Park, J. (2012). The effects of a Family Support Program Including Respite Care on Parenting Stress And Family Quality of Life Perceived by Primary Caregivers of Childeren With Disabilities in Korea. International Journal Of Special Education, 188.

Trisnawarman, D., & Livereja, M. (2006). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah. Jakarta: SNATI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. (2003). Jakarta: Presiden Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aswidi Wijaya Cipta, Ramtia Darma Putri, Asriany Asriany

Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :


Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat