Bimbingan Konseling Pribadi Sosial Dalam Meningkatkan Self-Esteem Untuk Mengatasi Kecemasan Karir Siswa

Siti Dea Ananda, Casmini Casmini

Abstract


Tujuan Penelitian: Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana guru bimbingan konseling dalam meningkatkan self-esteem siswa melalui pemberian layanan bimbingan konseling pribadi sosial untuk mengatasi kecemasan karir siswa.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif yang diperoleh dari informan yakni 2 guru bimbingan konseling dan 5 siswa. Analisis data yang dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Hasil Penelitian: Faktor penyebab kecemasan karir yang dialami siswa yakni dikarenakan penurunan nilai akademik, lintas jurusan peminatan, pemenuhan keinginan orang tua, menjadikanalumni sebagai tolak ukur kesuksesan yang bersumber dari internal yakni diri sendiri dan eksternal yakni orang tua dan stigma masyarakat. Peningkatan self-esteem menjadi solusi untuk mengatasi kecemasan yang dirasakan siswa melalui pemberian layanan konseling pribadi sosial meliputi layanan informasi, konseling kelompok, dan konseling individu.

Kesimpulan: Peningkatan self-esteem dilakukan dengan pemberian layanan bimbingan pribadi sosial yang bertujuan untuk memberikan peluang kepada siswa untuk mengenali potensi yang dimiliki sehingga meminimalisir terjadinya kecemasan dan memudahkan siswa melakukan pengambilan keputusan karir.

Implikasi: Artikel ini diharapkan mampu memberikan wawasan tambahan kepada guru bimbingan konseling sehingga dapat membantu siswa mengenal diri dan potensinya melalui minat dan bakat sebagai langkah awal untuk mencapai keputusan karir melalui peningkatan self-esteem dengan pemberian layanan bimbingan konseling pribadi-sosial untuk mengatasi kecemasan karir siswa.

 


Keywords


Bimbingan Konseling; Pribadi Sosial; Self-Esteem; Kecemasan Karir; Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifi, J. (2016). Bekerja dengan Cinta, Uang pun Ikut Serta. Laksana.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Jejak.

Arjanggi, R., Hartono, H., Adnjani, M., & Sholihah, H. (2020). The Contribution of Academic Behavioural Confidence, Self Esteem and Social Anxiety to College Student Career Decision Making Self Efficacy. Proceedings of the Proceedings of the 13th International Interdisciplinary Studies Seminar, IISS 2019, 30-31 October 2019, Malang, Indonesia. Proceedings of the 13th International Interdisciplinary Studies Seminar, IISS 2019, 30-31 October 2019, Malang, Indonesia, Malang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.23-10-2019.2293069

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Badan Pusat Statistik. (2022). Februari 2022: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,83 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,89 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does High Self-Esteem Cause Better Performance, Interpersonal Success, Happiness, or Healthier Lifestyles? Psychological Science in the Public Interest, 4(1), 1–44. https://doi.org/10.1111/1529-1006.01431

Budiono, A. N., & Laily, Q. (2018). Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Educazione, 6(2), 123–128.

Calhoun, G., & Morse, W. C. (1977). Self-concept and self-esteem: Another prespective. Psychology in the Schools, 14(3), 318–322. https://doi.org/10.1002/1520-6807(197707)14:3<318::AID-PITS2310140312>3.0.CO;2-V

Engel, J. D. (2021). Model logo konseling untuk memperbaiki low spiritual self-esteem. Kanisius.

Evita, T. O. A., Rosra, M., & Mayasari, S. (2014). Peningkatan Self Esteem Siswa Kelas X Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 3(3).

Habsy, B. A. (2017). Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Smk. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 21–35. https://doi.org/10.21009/PIP.311.4

Heo, G., & Kim, T. (2016). Autoregressive Cross-Lagged Modeling of the Reciprocal Longitudinal Relationship Between Self-Esteem and Career Maturity. Journal of Career Development, 43(3), 273–288. https://doi.org/10.1177/0894845315598002

Karsani. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karir Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI Di SMA Budaya Bandar Lampung [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/6669/

Mariah, W., Yusmami, Y., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(2), 60–69. https://doi.org/10.37064/consilium.v7i2.8164

Mirah, F. F. E., & Indianti, W. (2018). Pengaruh Kecemasan Karir Terhadap Commitment To Career Choice Dengan Kelekatan Orang Tua Sebagai Moderator. JURNAL PSIKOLOGI INSIGHT, 2(1), 74–89. https://doi.org/10.17509/insight.v2i1.11947

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Park, I.-J., Kim, M., Kwon, S., & Lee, H.-G. (2018). The Relationships of Self-Esteem, Future Time Perspective, Positive Affect, Social Support, and Career Decision: A Longitudinal Multilevel Study. Frontiers in Psychology, 9, 514. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00514

Qareeba, P. L., & Armi, R. A. (2019). Layanan Bimbingan Karier Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Sma Menghadapi Ujian Nasional. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 17–23. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.67

Rahmi, S. (2021). Bimbingan Konseling Pribadi Sosial. Syiah Kuala University Press.

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan bagi Peneliti Pemula. Pusaka Almaida.

Sandha, T., Hartati, S., & Fauziah, N. (2012). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi Empati, 1(1), 47–82. https://doi.org/10.14710/empati.2012.420

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, Konsep, Teori dan Aplikasinya. Prenadamedia Group.

Suyanto, B. & Sutinah. (2005). Metode Penelitian Sosial; Berbagai Alternative Pendekatan. Kencana Prenada Media Group.

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. IRDH. https://books.google.co.id/books?id=uZv-DwAAQBAJ

Triningtyas, D. A. (2016). Bimbingan Konseling Pribadi Sosial. Ae Media Grafika.

Wahyuni, I. (2005). Hubungan Antara Tingkat Self-esteem Dengan Sikap Terhadap Perencanaan Karir Pada Siswa SMU Negeri 11 Surabaya [Skripsi]. Universitas Airlangga.

Wijaya, R. S. (2014). Model Konseling Kelompok Eksistensial Humanistik Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Arah Peminatan SMA Negeri Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yilmaz, F. N., & Gunduz, H. (2018). Career Indecision and Career Anxiety in High School Students: An Investigation through Structural Equation Modelling. Eurasian Journal of Educational Research, 18(78), 1–20. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.78.2

Yulianty S, N. Y. (2015). Efektivitas Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Kompetensi Intrapersonal Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 26–44.

Zhang, W., Gao, W., & Liu, X. (2022). Does attending elite colleges matter in the relationship between self-esteem and general self-efficacy of students in China? Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09723




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v10i1.14079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Dea Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Show My Stat