A Survey on Millennial Worries about Their Future in Digital Era
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) bagaimana tingkat kecemasan remaja tentang masa depan di era digital; (2) bagaimana remaja berpikir tentang apa yang mereka lakukan sekarang dan masa depan mereka; (3) bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan remaja dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut agar mereka dapat menghadapi masa depan yang akan mereka lalui dengan lebih baik. Objek penelitian ini adalah siswa SMK/Sma/Man/Mak dan siswa, jumlah peserta yang terlibat adalah . Data dalam penelitian ini merupakan hasil kuesioner online, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan menggabungkan metode survei dan metode kuantitatif, dengan fokus pada pengumpulan data dan analisis data. Instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang kami buat melalui google form untuk mendapatkan data kecemasan remaja tentang masa depan di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhsania, K. N., Basuki, T., Sugiharto, D., & Japar, M. (2021). Students’ Career Understanding and Career Decision Making Self-Efficacy in Junior High School. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.950
al-’Abbaad, S. ’Abdur-R. I. ’Abdul-M. (2019). Ten Principles Concerning Purification of the Soul. Maktab Etqan.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., & Kodariah, S. (2021). Primary School Students’ Learning Anxiety during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Elementary Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33036
Awaliyah, I. T. A., Taufiq, A., & Hafina, A. (2019). The Effectiveness of Sociodrama to Improve Students’ Anger Management Skills. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 56–65. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i2.397
Bandura, A. (2012). On the Functional Properties of Perceived Self-Efficacy Revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606
Chandra, E. K., Wibowo, M. E., & Sunawan, S. (2019). Cognitive Behaviour Group Counseling with Self-Instruction and Cognitive Restructuring Techniques to Improve Students’ Self-Confidence. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i1.305
Hurlock, E. (2015). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Jusuf, H. (2018). Understanding Personality. Journalal-Lisan, 3(1), 45–59.
King, L. A. (2016). The science of psychology: An appreciative view. McGraw-Hill Education.
Maba, A. P. (2019). Intention to Seek Counseling Among Indonesian Students: Examining the Impact of Social Anxiety and Loneliness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 40–48. https://doi.org/10.25217/igcj.v2i2.434
National Academies of Sciences, Engineering, and M. (2019). The Promise of Adolescence (R. J. Bonnie & E. P. Backes (eds.)). National Academies Press. https://doi.org/10.17226/25388
Ruhaena, L., & Ambarwati, J. (2015). Pengembangan Minat Dan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Di Rumah. The 2nd University Research Coloquium 2015, 172–179.
Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.
Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2018). Improving Career Planning using Website-Based Career Information Service. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 62. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.239
Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 145. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i2.373
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v8i2.10211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) Hanan Sarah Az-Zahra, Didy Muzaki
Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan in Abstracts and Indexed by the following database :
Publisher:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Address: Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate
Phone/WhatssApp: +6285370066117
E-Mail: concilium@uinsu.ac.id
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.