PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN METODE MATH MAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 067849 MEDAN

Lailatun Nur Kamalia Siregar

Abstract


Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan diperoleh rata – rata pada kelas eksperimen lebih baik
dari pada rata – rata kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen memiliki rata – rata 76
dan kelas kontrol dengan rata – rata 67. Begitu juga dengan hasil uji-t diperoleh thitung
= 2,33 > ttabel = 1,990. Maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran talking stick dengan metode
math magic terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok
kelas V SD Negeri 067849 Medan, sehingga hipotesis tersebut diterima


Keywords


Talking Stick, Magic Math, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif , Medan: Media Persada.

Handojo, Ediati, (2007), Math Magic , Jakarta: PT. Kawan Pustaka, Cet.ke-10.

Handi Pramono dan Tim MagicMath 100, 2012, Magic Math 100 Menghitung Kuadrat

dan Perkalian, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hamalik, (1990), Pengembangan Kurikulum, Bandung: Mandar Maju.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990, Kamus Besar Bahasa Indonesia

(Jakarta: Balai Pustaka, Cet Ke 3.

Hudojo,( 2005), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang:

UM Press.

Ngalimun, (2013), Strategi dan Model Pembelajaran (Yogyakarta: Aswaja Pressindo,

Cet. Ke-II.

Sakinah, “Penerapan Metode Math Magic Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Matematika Siswa Sekolah Dasar” (tulis.uinjkt.ac.id, diakses pada 13 Desember

pukul 13.00)

Teti Puspita Sari, “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick (TS) Secara

Berkelompok Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 2

Bukittinggi”, (https://plus.google.com, diakses pada 13 Desember 2013 pukul

00)

Tim Magic Math 100 (http://books.google.co.id/ diakses pada Senin, 20 Januari

pukul 11.00)

Kunandar, (2010), Guru Profesional, Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, (2002), Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v3i1.6965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking: Journal of Islamic Education Management been indexed by:

    

 

Organizational Collaboration:

  

 

Jurnal Hijri by Master of Islamic Education Management Program, FITK, State Islamic University of North Sumatra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.