STUDI KLASIK LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI NUSANTARA (SURAU, MEUNASAH DAN PESANTREN)

Khairuddin Khairuddin

Abstract


Perkembangan pendidikan
Islam di nusantara Indonesia ditandai oleh munculnya berbagai lembaga pendidikan
secara bertahap, mulai dari yang sangat sederhana, sampai dengan yang sudah
terhitung modern dan lengkap. Salah satu tempat pembelajaran pada masa awal
kedudukan Islam di Nusatara adalah pesantren, walaupun jauh sebelumnya telah ada
tempat-tempat belajar yang dimulai dari surau, meunasah atau musalla, dayah,
rangkang dan lain sebagainya. Hingga kini, lembaga pendidikan Islam mempunyai
peranan yang sangat penting terhadap corak keberagamaan masyarakat Indonesia.


Keywords


Lembaga, Pendidikan, Islam, Nusantara

Full Text:

PDF

References


Dhofier, Zamakhsyari. (1982). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup

Kiyai. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.

Geertz, Clifford. (1992). Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

George Makdisi, (1981). The Rise of Colleges: Institutions of Learning in Islam and the

West (Edinburgh: Edinburgh University Press

Haedari, H. M. Amin dkk. (2005). Masa Depan Pesantren dalam Tantangan

Modernitas. Jakarta: IRD PRESS.

Ḥasan (1978) ‘Abdu al-‘Āl, at-Tarbiyyah al-Islāmiyyah fῑ al-Qarn ar-Rābi’ al-Hijrῑ

(Kairo: Dār-al-Fikr al-‘Arabῑ,

Hasbullah, (1999). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah dan

Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maksum, (1999) Madrasah Sejarah Perkembangannya (Jakarta: Logos Wacana Ilmu,

Mansur dan Mahfud Junaedi. (2005). Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di

Indonesia. Jakarta: Departemen Agama RI.

Mansur. (2004). Peradaban Islam dalam Lintasan Sejarah. Yogyakarta: Global

Pustaka Utama.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: Seri INIS XX.

Mehdi Nakosteen, (1994) History of Islamic Origins of Wetern Education A.D. 800-1350

with an Introduction to Medieval Muslim Education (Boulder: The University of

Colorado Press.

Mulyadhi Kartanegara, (2006) Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam (Jakarta: Baitul Insan

Nata, Abuddin. (2001). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga

Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Nizar, Samsul. (2005). Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam. Ciputat:

Quantum Teaching.

Nizar, Samsul. (2007). Sejarah Pendidikan Islam: Menelususri Jejak Sejarah Pendidikan

Era Rasulullah sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sunyoto, Agus. (2004). Suluk Sang Pembaharu;Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti

Jenar Buku 3. Yogyakarta: LkiS.

Umar Riḍa Kaḥḥālah, (1973). Dirāsāh al-Ijtimā’iyāh fī ‘Uṣūri al-Islāmiyyah (Damaskus:

Ta’āwuniyyah.

Wahid, Abdurrahman. (2001). Menggerakkan Tradisi;Esai-esai Pesastren. Yogyakarta:

LkiS.

Wahjoetomo. (1997). Perguruan Tinggi Pesantren. Jakarta: Gema Insani Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v3i1.6961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:

    

Kerja Sama Organisasi

 

JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index

 

Alamat Jurnal Benchmarking: