ANALISIS KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI ASPEK NILAI KARAKTER BANGSA
Abstract
Pendidikan nasional masih mengalami kesulitan dalam menghasilkan lulusan yang
berkualitas, terampil, dan kreatif yang dapat berfungsi sebagai sumber penggerak di
berbagai bidang pembangunan. Dan output hasil pendidikan sering menjadi beban
pemerintah untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk pelayanan sosial,
ketenagakerjaan, subsidi, dan sejenisnya. Mereka lulus dan muncul sebagai warga
negara baru yang tidak mampu menawarkan solusi, melainkan sumber masalah dan
masyarakat kecemasan. Salah satu sumber masalah dalam pendidikan masih lemah
pendidikan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai penting kemanusiaan. Dimana saat
ini telah terjadi pemisahan antara "pendidikan intelektual" dengan "nilai
pendidikan". Dikotomi ini menunjukkan kekerdilan pikiran, karena nilai moral yang
tidak berbeda dengan dimensi intelektual, tetapi merupakan dasar bagi
pertumbuhan intelektual. Hal ini diperlukan untuk pelaksanaan kurikulum yang
didasarkan pada peningkatan pendidikan karakter berbasis kompetensi selain itu
dalam proses pelaksanaan harus sesuai dengan bagaimana menerapkan pendidikan
karakter. Dalam hal ini kurikulum dinilai adalah kurikulum 2013. Kata kunci:
pendidikan karakter, kurikulum 2013, nilai pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ace suryadi (2014). Pendidikan indonesia menuju 2025, Outlook: permasalahan,
tantangan dan alternatif kebijakan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lickona T (1992). Educating For Character, How Our Schools Can Teach Respect
And Responsibility. New york: Bantam Books.
Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum
Pembelajaran. Pusat Kurikulum (2010). “Pengembangan dan pendidikan
budaya dan karakter bangsa: pedoman sekolah (hal 9-10)”. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i2.6927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: