DESENTRALISASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN
Abstract
Rendahnya mutu dan kulaitas pendidikan di daerah disebabkan oleh tidak
seragamnya akses dan sistem pemerataan pendidikan sehingga menuntut adanya
perbaikan dalam penataan dan pengelolaan pendidikan yang mampu mengangkat
harkat martabat dan derajat manusia. secara umum ditemukan berbagai kelemahan
dalam sentralisasi pendidikan seperti: 1). Kemampuan Pembiayaan Pendiidkan; 2).
Kesenjangan Mutu Pendidikan; 3). Effisiensi Pengelolaan pendidikan; 4) Pemerataan
Kesempatan Memperoleh Pendidikan; 5). Penataan Kelembagaan Pendidikan; 6).
Pembelajaran Muatan Lokal; 7). Peningkatan Peranserta Masyarakat 8). Penataan
Kelembagaan pemerintah di bidang pendidikan. Gambaran masalah pendidikan
diatas dituntut perubahan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan yakni
desentralisasi pendidikan yang mampu memberikan ruang dan kesempatan kepada
daerah untuk mampu mengelola pendidikan secara mandiri, partisipatif, otonom
dan pelibatan masyarakat dalam membangaun dan mengembangkan pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhumami, Amich. (2000). Pembangunan Pendidikan dalam Konteks Desentralisasi.
Harian Kompas 11 September
Green, Andy. (2001). Educational Achievement in centralized and Decentralized
Systems. New York: Oxford Unioversity Press.
Misbach, H. (2001). Problematika Pendidikan dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah.
Mimbar pendidikan No.2/XX
Mahdiansyah, et.al. (1999). Desentralisasi Pengelolaan Pendidikan. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan No.017 Tahun Ke-5 Juni
Suryadi, Ace. (2001). PKn “Gaya Baru” Bisa Berikan Pengalaman Berdemokrasi.
Kompas 20 Oktober
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v2i1.6920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Benchmarking - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Benchmarking: Journal of Islamic Education Management been indexed by:
Organizational Collaboration:
Jurnal Hijri by Master of Islamic Education Management Program, FITK, State Islamic University of North Sumatra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.