BUDAYA KERJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDIKALANG

Muhammad iqbal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Budaya Kerja yang diimplementasikan, sikap kerja, etos kerja dan kendala serta solusi yang ditemukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistic, untuk mencari, menganalisis dan menginterpretasi data yang ditemukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa: kreadibilitas, keteralihan, ketergantungan, menganalisis dan mengkomfirmasi pada data yang diteliti, dan ketegasan. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Budaya Kerja yang diimplementasikan di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang adalah mengucapkan salam, sholat berjamaah, disiplin, ekstrakurikuler kesenian, PHBI, demokrasi, apel setiap pagi dengan berpidato menggunakan bahasa asing, tahfidh qur’an. (2) Sikap kerja warga sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang tergolong sudah cukup baik dimana pengimplementasian dari nilai budaya kerja seperti adanya keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, danperbuatan yang baik dan benar; bekerja secara professional, mampu membuat kreasi hhal-hal yang baru dan bertanggung jawab serta mampu menjadi teladan yang warga sekolah yang dicintohkan oleh kepala sekolah dan guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang. (3) Etos kerja yang menjadi bagian dari budaya kerja di Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang diimplementasikan dengan cukup baik oleh warga sekolah secara bersama-sama membangun citra yang baik dengan menunjukkan keunggulan dan kemampuan secara bersama hingga menjadi sekolah yang berakreditas A. (4) Kendala yang timbul dalam pengimplementasian budaya kerja adanya pro dan kontra sesama antar warga sekolah serta kurangnya fasilitas-fasilitas kegiatan belajar mengajar dan ektrakurikuler.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.