HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAHDENGAN KINERJA GURU DI SMA SWASTA UISU MEDAN
Abstract
Guru merupakan komponen yang penting dalam proses belajar mengajar, karena mutu hasil pendidikan sangat tergantung dari kemampuan kerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan menjalin komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Swasta UISU Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Swasta UISU Medan yang berjumlah 29 orang. pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha cronbach. Uji hipotesisi menggunakan analisis regresi sederhana yakni dengan menggunakan teknik analisis product moment. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara Komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Swasta UISU Medan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai = 3,09 > =1,70. Sedangkan koefisien korelasi sebesar rhitung =0,5121 >rtabel =0,367. Besarnya pengaruh variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 26,23%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/benchmarking.v1i1.1114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Benchmarking
Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam been indexed by:
Kerja Sama Organisasi
JURNAL Benchmarking S2 MPI by Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/index
Alamat Jurnal Benchmarking: