HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMK SWASTA SEKECAMATAN MEDAN MARELAN

Heni Herlita, Candra Wijaya, Edi Saputra

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hubungan sikap terhadap supervis akademik kepala
sekolah dengan kompetensi profesional guru SMK Swasta Se- Kecamatan Medan Marelan, (2) hubungan
budaya kerja dengan kompetensi profesional guru SMK Swasta Se- Kecamatan Medan Marelan, (3)
hubungan sikap terhadap supervisi akademik kepala sekolah dan budaya kerja secara bersama-sama
dengan kompetensi profesional guru SMK Swasta Se- Kecamatan Medan Marelan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh guru SMK Swasta se-kecamatan Medan Marelan dengan jumlah 164 guru. Sampel penelitian
ini berjumlah 122 guru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif studi korelasi.
Hasil temuan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) supervisi akademik
dengan kompetensi profesional guru dengan ry1 sebesar 0,446, (2) budaya kerja dengan kompetensi
profesional guru dengan ry2 sebesar 0,524 dan (3) supervisi akademik dan budaya kerja secara bersamasama
dengan kompetensi profesional guru dengan ry12 sebesar 0,383.
Kata Kunci: Supervisi Akaemik, Budaya, Kompetensi dan Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar Idochi dan Yayat Hidayat Amir.Administrasi Pendidikan: Teori, Konsep & issue. (Bandung: Program

Pascasarjana UPI, 2003).

Arikunto, Suharsimi.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.)

Cangara, Hafiel.Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2004)

Chaplin J. P. Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta : Grafindo, 2004).

Djam’an Satori.Pengawas Sekolah dan Pengelolaan Sekolah. Bandung: Makalah Diklat Pengawas Sekolah,

.

Efendy, Onong, U. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra aditya Bakti, 2003).

Engkoswara.Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Dikti, 2008).

Gagne, R.M.The Condition of Learning and Theory of Instruction. Fourth Edition. New York : Holt. Rine

Hart and Winston, 1989).

Krech, RS. Cruthpield dan Ballaccy,Individual in Society. Tokyo: McGraw - Hill Kogahuska, 1963)

Muhibbin S.psikologi Pendidikan (Suatu Pendekatan Baru). (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010).

Muhammad, Arni.Komunikasi Organisasi. (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2007)

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2001).

Nana Syaodih.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. (Bandung:Imtima, 2007)

Purwanto, Joko.Komunikasi Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga, 2003)

Pidarta.Peran Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar, Seri Manajemen Pendidikan. Jakarta: Grasindo,

.

Rakhmat, Jalaluddin.Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004)

Robbins, P., Stephen.Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi, Alih Bahasa Hadyana Pujaatmaka.

(Jakarta : PT Prenhallindo, 2006).

Sagala, Syaiful.Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2009).

Syaodih, Nana. 2007.Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung:Imtima, 2007)

Thoha, Miftah. 2006.Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2006)

Tjutju Yuniarsih.Manajemen Organisasi. Bandung: Bumi Siliwangi, 2002)

Usman, Moh Uzer.Menjadi Guru Profesional. (Bandung: Remaja Rosdakary, 2002).

(http://www.hariansumutpos.com/2012/03/29082/peringkat-guru-di-sumut-jeblok.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v2i2.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan